2050, Lapisan Ozon Bumi Kembali Normal

Zat Pembersih Atmosfer
Sumber :
  • http://duajuta.com

VIVAnews - Sekretariat Ozon Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memprediksi lapisan ozon dunia yang selama ini bolong, akan kembali normal menutupi bumi pada tahun 2050.

"Para ilmuan telah melakukan pengukuran secara berkala terhadap lapisan ozon yang sebelumnya banyak bolong. Kini, sudah mulai berkurang. Kami di sekretariat sudah menerima laporan bahwa lapisan ozon yang selama ini bolong, sudah terisi kembali," kata Sekjen Ozon PBB, Marco Gonsales usai Pembukaan Konferensi Perlindungan Ozon di Nusa Dua Bali, Senin 21 November 2011.

Gonsales menjelaskan, bahan kimia yang selama ini merusak lapisan ozon sudah berkurang sampai 90 persen. Hal ini disampaikan para ilmuwan yang secara sukarela melakukan penelitian lubang ozon yang ada di atas Benua Antartika dan Kutub Utara, serta sebagian kecil wilayah tropis di dunia.

“Untuk itu kami memperkirakan dengan hasil yang sudah ada dan berbagai upaya perlindungan ozon yang terus-menerus dilakukan, maka pada pertengahan abad ini kami memprediksi bumi akan tertutup kembali oleh lapisan ozon secara sempurna,” katanya.

Membaiknya 'kesehatan' ozon bumi ini merupakan hasil upaya serius sejumlah negara, termasuk Indonesia, dalam mengurangi emisi gas buang. Selain itu, dari pengukuran lapisan terluar atau stratosfer, bahan-bahan seperti CFC (Chlorofluorocarbon) dan HFC (hydrochlorofluorocarbon), juga terus menurun. Demikian juga di Antartika atau di Kutub Selatan dan Kutuh Utara.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Konsentrasi bahan-bahan perusak ozon sudah semakin mengecil. Adapun indikator terjadinya penutupan lapisan ozon bisa dilihat sejak akhir tahun 2007 atau awal 2008. Di Indonesia, misalnya, ada sekitar 9.898 matrik ton bahan freon atau CFC sudah di-resource kembali.

Menurutnya, banyak negara sudah memiliki kesadaran akan bahaya bagi kelangsungan hidup manusia jika lapisan ozon terus menipis dan banyak kebocoran akibat penggunaan bahan seperti HCFC dan CFC. Di sisi lain, tumbuh juga kesadaran kolektif negara-negara untuk perlunya pembatasan penggunaan bahan-bahan yang dapat memicu terjadinya kebocoran lapisan ozon.

Lewat pertemuan 9th Conference of the Parties (COP), Vienna Convention for the Protection of Ozone Layer, dan 23rd Meeting of the Parties (MOP) to the Montreal Protocol di Bali (21-25 November 2011), diharapkan mempercepat kerjasama global untuk perlindungan ozon.

Laporan Bobby Andalan | Bali, umi

Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Inter Milan memastikan Scudetto Serie A musim 2023/2 usai menekuk rival sekota AC Milan 2-1. Prestasi itu membuat Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024