Jawa Timur Peringkat 4 Penderita HIV/AIDS

Ilustrasi AIDS
Sumber :
  • AIDS

VIVAnews - Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang paling banyak terjadi kasus HIV/AIDS di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Jawa Timur berada di urutan keempat setelah Papua, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Hal ini diketahui saat digelar video conference Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron dengan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Senin 21 November 2011.

Menurut Ali Ghufron, kaum muda di Jawa Timur yang terinfeksi HIV sebanyak 11,4 persen. Dikhawatirkan, akan menjadi epidemi jika tidak segera diatasi. Ali menuturkan, cara mengatasinya diantaranya dengan memberikan penyuluhan melalui kampanye terhadap anak-anak muda usia 15 hingga 24 tahun. "Agar yang belum tahu menjadi tahu cara pencegahannya," katanya.

Terkait itu, Saifullah Yusuf sangat mendukung adanya gerakan kampanye HIV/AIDSĀ  bertema 'Aku Bangga Aku Tahu' yang diharapkan menjadi gerakan rakyat di Jatim.

"Saya sangat setuju dengan kampanye itu. Karena semakin cepat kaum muda tahu cara menghindar dari tertular HIV, berarti semakin banyak generasi muda yang kita selamatkan," kata Gus Ipul, begitu sapaannya.

Menurutnya, Jatim harus bekerja keras menanggulangi penderita atau yang terinfeksi HIV. Untuk itu, perlu dilakukan pendekatan humanis dan bijaksana agar bisa diterima semua pihak. Meski, menurutnya, sejak 2004 ada peraturan daerah terkait sanksi bagi penderita HIV/AIDS, jika tidak melapor.

Data yang ada, kasus HIV di Jatim hingga 30 September 2011 tercatat sebanyak 11.069 orang, atau sekitar 40 persen dari perkiraan kasus HIV di Jatim sebanyak 27.062 orang.

Khusus di daerah lokalisasi, PSK yang terinfeksi HIV lebih dari 5 persen dan pada populasi pengguna NAPZA Suntik (penasun), di Surabaya ada 54 persen terinfeksi HIV.

Data yang dilansir kementerian, penderita AIDS pertama kali yang dilapor pada tahun 1989 hanya satu orang.

Jumlah kasus dialami sebanyak 5.091 orang. Sebanyak 1.331 atau 26,1 persen diantaranya meninggal dunia, yang paling banyak laki-laki 67 persen dan wanita 33 persen. Mereka dari kelompok usia produktif, antara 20-29 tahun.

Komunikasi jarak jauh itu serentak dilakukan dengan 10 provinsi di Indonesia. Yakni, Papua, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Riau dan Sumatera Utara.

Dalam video conference menghasilkan pernyataan bersama mendukung kampanye penanggulangan HIV/AIDS yang menjadi bagian dari rangkaian 'International Symposium Getting To Zero Newn HIV Infections, Discrimination, Zero Aids Related Deaths in ASEAN, yang berlangsung di Bandung.

Hadir dalam gelaran acara itu, selain Saifullah Yusuf, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Jatim Otto Bambang Wahyudi, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Jatim Dwi Suryanto dan jajaran Dinkes Jatim.

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya, umi

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid
Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Inter Milan memastikan Scudetto Serie A musim 2023/2 usai menekuk rival sekota AC Milan 2-1. Prestasi itu membuat Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024