Marzuki: Pangkalan AS Bisa Ganggu Stabilitas

Tentara AS di Afganistan
Sumber :
  • Rafal Gerszak/Reuters/file

VIVAnews – Ketua DPR Marzuki Alie berpendapat, pembangunan pangkalan militer Amerika Serikat di Darwin, Australia, berpotensi menganggu stabilitas keamanan di kawasan ASEAN yang notabene bertetangga dekat dengan Australia.

“Kawasan ASEAN yang selama ini relatif stabil, bisa terganggu dengan kehadiran AS,” kata Marzuki di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 22 November 2011. “Kita tidak tahu agenda AS. Yang jelas, kita harus hati-hati,” imbuh politisi Demokrat itu.

AS berencana menempatkan pasukan di Australia – mitra erat AS, seiring dengan prioritas kepentingan AS yang kini bergeser ke Asia Pasifik. Presiden AS Barack Obama mengungkapkan rencana itu ketika berpidato di parlemen Australia, Kamis 17 November 2011 kemarin. Perdana Menteri Australia, Julia Gillard, telah menyetujui penempatan 2.500 pasukan marinir AS di Australia Utara itu.

Presiden Obama menjelaskan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam KTT Asia Timur yang berlangsung di Bali pekan lalu, bahwa penempatan pasukan militer AS di Darwin sama sekali tidak terkait gejolak keamanan yang mengganggu kegiatan penambangan emas perusahaan asal AS, Freeport, di Papua.

Penempatan pasukan di Australia itu, dijelaskan Obama, salah satu tujuannya untuk siaga bencana. Artinya, untuk melakukan respons cepat penanggulangan bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu di kawasan Asia Pasifik.

Namun alasan AS itu, menurut Ketua DPR Marzuki Alie, agak janggal. “Alasan untuk penanggulangan bencana alam itu kurang tepat. Bencana alam sudah bisa diatasi sendiri, kecuali yang luar biasa, dan itu belum tentu terjadi 10 tahun sekali,” kata dia.

Marzuki berpendapat, Indonesia selama ini relatif mampu mengatasi bencana alam yang terjadi. Oleh karena itu, ia meminta pemerintah untuk mewaspadai kehadiran militer AS di pintu gerbang barat negeri ini. “Pokoknya hati-hati,” ujarnya. (umi)

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok
Duel Dewa United vs Madura United

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Dewa United menjaga asa mereka lolos ke babak Championship Series setelah menahan imbang Madura United 2-2 pada pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024