Istana: Nikah Ibas Tak Pakai Uang Negara

Prosesi Siraman Jelang Pernikahan Ibas-Aliya
Sumber :
  • VIVAnews/Widodo S Jusuf/Pool

VIVAnews - Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan bahwa keluarga Susilo Bambang Yudhoyono tidak menggunakan uang negara untuk membiayai pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dengan Siti Rubi Aliya Rajasa.

"Pihak keluarga siap membuat laporan keuangan usai pernikahan bila dibutuhkan, termasuk pada KPK dan lembaga lain yang menginginkannya," kata Julian di Istana Cipanas, Jawa Barat, Rabu 23 November 2011.

Julian mengatakan, SBY menginstruksikan untuk menggunakan biaya seminimal mungkin dalam pernikahan ini. Termasuk menghindari penggunaan uang negara. “Kesan glamor yang nampak, tidak semahal perhitunganya. Ini kreasi yang menarik, namun tidak mahal,” ungkapnya.

Mengenai seberapa besar efisiensi biayanya, Julian tidak bersedia menjawab. Dia menjelaskan, untuk dekorasi menggunakan tim artistik dari Bali, dengan disain perpaduan ornamen etnik Jawa dan Palembang dengan nuansa dominan hijau muda.

Pembuatan dekorasi akad nikah ini, lanjutnya, panitia melibatkan kelompok ekonomi kreatif dan UKM sekitar kawasan Istana Cipanas. “Ini sebagai salah satu langkah untuk menekan pembiyayan. Untuk bunga di depan yang dipasang saja menggunakan bunga plastik yang harganya lebih murah dibanding bunga segar,” kata dia.

Dalam acara akad nikah besok dipastikan hanya akan dihadiri oleh 1.000 undangan. “Belum ada konfirmasi mengenai kehadiran kepala negara lain, namun dipastikan semua duta besar dan perwakilan dari negara sahabat akan hadir,” ujar Julian.

Semua kendaraan undangan akan bergerak sesuai skenario yang ditetapkan dimana mereka akan dikumpulkan dan dikawal di KM 45 Ciawi untuk selanjutnya dikawal naik hingga Istana Cipanas, Cianjur. “Untuk pengaturan sepenuhnya di bawah koordinasi Polda Jawa Barat dan Polda Metro Jaya. Semua sesuai yang direncanakan awal,” tegasnya.

Laporan: Permadhi l Sukabumi

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia
Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024