Korban Tertimbun Runtuhan Jembatan Kukar

Jembatan Kutai Kartanegara
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Badan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Kaltim di Balikpapan menyatakan, pencarian saat ini terkendala sulitnya evakuasi korban yang bertumpuk-tumpuk dan tertindih mobil serta puing jembatan.

Menurut Kepala Kantor SAR Kaltim, Harmoniadi, saat ini, sebagian besar korban berada di bawah reruntuhan badan jembatan di dasar Sungai Mahakam. Petugas terus melakukan penyelaman untuk mengevakuasi para korban.

"Kami melakukan penyelamatan terhadap korban terlebih dahulu. Tim pencari masuk ke dalam air dan melakukan penelusuran di antara reruntuhan. Bila menemukan korban, tim naik dengan membawa korban," kata Harmoniadi, Minggu 27 November 2011.

Meski begitu, Harmoniadi mengaku bahwa bukan pekerjaan mudah untuk membawa korban dari bawah reruntuhan. Posisi mobil bertumpuk, sehingga menyulitkan evakuasi, sehingga petugas memerlukan alat bantu. "Alat bantunya itu yang saat ini sedang ditunggu oleh petugas," ujarnya.

Sementara itu, subuh tadi, menurut dia, ada tambahan lagi korban selamat yang berhasil dinaikkan dari reruntuhan. Total hingga siang ini, korban yang berhasil dinaikkan oleh Tim SAR berjumlah 43 orang.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Rinciannya adalah, empat orang korban tewas dan 39 korban selamat. Tim SAR juga menemukan korban selamat terakhir pada pagi hari ketika memulai melakukan pencarian.

Saat ini, Harmoniadi menuturkan, pencarian dihentikan untuk sementara. Sebab, petugas masih menunggu dukungan perlengkapan.

Rencananya, petugas akan meruntuhkan terlebih dahulu sisa badan jembatan dan tiang penyangga yang berada di sisi Tenggarong. Sebab, beberapa kali tiang itu mengeluarkan bunyi berderak yang keras.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

"Pagi tadi, beberapa kali keluar bunyi berderak dari tiang tersebut dan memaksa petugas melakukan pembersihan di lokasi sekitar jembatan. Hanya Tim SAR dan petugas pencari lainnya yang bisa berada dekat dengan tiang itu," ujarnya. (Laporan: Ikram, Kutai Kartanegara, art)

Politisi DPP PKB, Daniel Johan

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Ketua DPP BERANI, Lorens Manuputty menyoroti tiga krisis yang terjadi di Indonesia saat pelantikan tersebut. Menurut dia, Indonesia saat ini sedang mengalami krisis yang

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024