FOTO: Golden Gate ala Borneo Tinggal Kenangan

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - Sabtu 26 November 2011 menjadi hari yang tak terlupakan bagi warga Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Hari itu, simbol kemakmuran kabupaten ini ambruk, dalam hitungan tak lebih dari satu menit.

Jembatan Kutai Kartanegara atau Mahakam II menjadi megaproyek kabupaten kaya ini sejak 1995 hingga 2001. Jembatan ini membentang sejauh 710 meter di antara Tenggarong dan Tenggarong Seberang, Kalimantan Timur.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Total dana yang diserap untuk membuat jembatan gantung itu adalah Rp150 miliar. Pada tahun pembuatannya, Rp150 miliar bukan angka yang kecil. Pendanaannya mesti dibantu dengan APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kukar.

Namun, entah salah perhitungan atau penyebab lain, jembatan ini ambruk saat menjalani perbaikan. Setidaknya empat orang tewas dan lebih dari selusin lainnya dilaporkan terluka ketika jembatan yang menghubungkan Tenggarong Seberang dan Tenggarong kabupaten Kutai Kertanegara ini ambruk.


Untuk melihat foto jembatan megah ini, klik di sini.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin 5 Februari 2024

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Sekretaris Jenderal Gerindra mengatakan kemenangan Prabowo Subianto bukan akhir dari perjuangan melainkan awal perjuangan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024