Tim Polri Usut Robohnya Jembatan Kartanegara

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • ANTARA/Amirullah

VIVAnews - Jembatan Kartanegara di Kalimantan Timur runtuh, akibatnya 13 orang meninggal dunia. Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian telah mengirimkan tim untuk menyelidiki robohnya jembatan itu.

Tim itu terdiri dari 11 orang penyidik, 6 orang dari Laboratorium Forensik. Selain itu ada juga 6 orang dari tim DVI (Disaster Victim Investigatio), 6 orang dari dokes untuk mengidentifikasi korban.

"Dan sampai saat ini telah memeriksa 11 saksi," kata Juru Bicara Polri, Inspektur Jenderal Saud Usaman Nasution di Markas Besar Kepolisian RI, Senin 28 Negara 2011.

Tim itu, kata Saud, bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Basarnas untuk menyelesaikan kasus ini.

Saat ini, kata Saud polisi tengah mendalami keterlibatan PT Waskita Karya yang menjadi kontraktor pembangunan jembatan itu. "Ini masih pemeriksaan secara keseluruhan. Jadi kita identifikasi mana dari pihak Waskita  dan mana dari aparat pemerintah sebagai penanggung jawab pekerjaan. Ini saksi keseluruhan yang sudah diperiksa," kata dia.

Saud menambahkan, untuk mengetahui penyebab robohnya jembatan itu, polisi akan memeriksa ahli konstruksi terlebih dahulu.

"Kita kan tidak langsung menduga ke arah mana, jadi harus diperiksa secara ilmiah penyebab-penyebabnya. Saat ini kita masih memeriksa secara umum, bagaimana awal kejadian robohnya jembatan itu," ujarnya. (umi)

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan, nilai tukar rupiah akan terus ada di level Rp 16.000 per dolar AS hingga kuartal III-2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024