Jembatan Kukar Hari Ini Diangkat Balon

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • ANTARA/Amirullah

VIVAnews - Upaya pencarian korban runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara terus dilakukan. Namun, pencarian korban mengalami kesulitan lantaran rangka jembatan yang mengganggu proses pencarian tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan pencarian ini akan dilakukan dengan metode baru. Yaitu dengan menggunakan balon udara yang biasa dipakai untuk mengangkat tongkang ponton di galangan kapal.

"Dengan menggunakan 10 balon (kapasitas @ 50 ton) diharapkan akan bisa mengangkat bagian ujung kerangka jembatan, lalu ditarik atau digeser bagian yang terangkat tersebut ke arah pinggir," kata Sutopo dalam keterangannya kepada VIVAnews.com.

Sutopo menjelaskan, setelah ujung kerangka jembatan berada di pinggir, baru mayat di dalam mobil dikeluarkan dan dievakuasi. Menurutnya, metode balon ini disepakati mulai dibawa ke TKP.

"Rencana hari ini juga akan diadakan rapat teknis dengan Dinas Perhubungan dan unsur Kementerian Perhubungan tentangĀ  persiapan dimulainya pembangunan dermaga darurat untuk ferry. Selain itu juga dioperasikannya scanning bawah permukaan sungai dengan multibeam echosounder dan side scan sonar untuk memetakan profil dasar sungai. Total berat alat tersebut 600 kg," jelasnya.

Sutopo menjelaskan, metode ini akan dilakukan karena sepanjang Selasa kemarin, upaya penyelaman yang dilakukan tim penyelam gabungan belum berhasil menemukan banyak korban. Hal ini disebabkan sangat kerasnya arus pada kedalaman 38 meter, sehingga para penyelam tidak bisa masuk ke dalam kerangka jembatan karena adanya arus deras.

"Upaya ini dicoba terus sampai sore tadi, namun dengan pertimbangan keselamatan para penyelam akhirnya KaBasarnas memutuskan menghentikan operasi penyelaman pada jam 16.30 Wita," jelasnya.

Hingga hari ini, sudah ditemukan 18 korban yang meninggal dunia. Korban terdiri dari 13 pria dan 5 perempuan. Sementara sebanyak 46 orang luka-luka menderita, dimana 2 orang masih dirawat inap. Dan 19 orang dilaporkan hilang.

Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI
Pelaku pembunuh ibu dan anak di Palembang ditangkap Polisi.

Pembunuh Sadis Ibu dan Anak di Palembang Ditangkap, Ini Tampangnya

Wasilah ditemukan tewas dibunuh dengan bersimbah darah terdapat pengki besi yang masih tertancap di kepala. Begitupun dengan sang putri yang perutnya ditusuk pakai pisau.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024