SBY: Anggaran Pendidikan 2012 Rp286 Triliun

samisake sby
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan anggaran untuk pendidikan diupayakan naik tahun depan . Presiden menyebut angka yang akan diajukan Rp286,8 triliun.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

"Biasanya Pak Marzuki Alie (Ketua DPR--red) memberikan anggukannya kalau untuk kepentingan pendidikan kita," kata Presiden dalam pidato memperingati Hari Guru di Sentul, Bogor, 30 November 2011.

SBY menerangkan, banyak kemajuan di dunia pendidikan Indonesia, meski banyak pula yang harus diperbaiki. Tahun ini, anggaran pendidikan mencapai Rp256,9 triliun, nyaris separuh dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2005.

Jokowi: Prabowo-Gibran Harus Siapkan Perencanaan untuk Wujudkan Janji Kampanye

"Saya ingin sampaikan dua hal, pertama, apresiasi saya pada para guru," kata SBY. "Penting agar kita pandai bersyukur dan beri penghargaan pada orang lain berprestasi, sekaligus beri koreksi-koreksi biar adil."

SBY mengapresiasi guru-guru yang mendapat panggilan tugas di daerah ekstrem yang kurang infrastruktur dan sarana transportasi. "Guru harus siap mendidik di daerah sulit, pulau terluar dan negara lain," katanya.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Apresiasi ini harus diikuti dengan peningkatan mutu pendidikan dan infrastruktur pendidikan. Guru-guru harus turut mengawasi pembangunannya.

Kedua, Presiden meminta sekolah harus lebih baik dalam tugas membangun national character building. "Ini penting," kata Presiden. "Saya berasal dari daerah terpencil di Pacitan. Desa Purwoasri, Kebonagung, Pacitan. Terpencil," kata SBY. "Saya menyukai dua pelajaran; matematika dan bahasa. Itu sangat membantu ketika saya di militer." (ren)

Fenomena Unik Langit Yunani, Warna Oranye Bak di Planet Mars

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Yunani berubah warna menjadi oranye pekat ketika awan debu yang bertiup melintasi Laut Mediterania dari Afrika Utara menyelimuti daerah Acropolis dan landmark kota Athena

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024