Pemberantasan Korupsi RI Kalah dari Malaysia

Poster anti suap dan korupsi
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Indeks Persepsi Korupsi (CPI) tahun 2011 mencatat, Indonesia telah mengalami perbaikan dalam pemberantasan korupsi. Survei yang dirilis Transparency International (TI), menunjukkan Indonesia memperoleh skor 3,0. Naik 0,2 poin dari tahun 2010 yang memperoleh skor 2,8.

Hari ini, TI merilis negara dengan skor 0 dianggap sebagai yang terkorup, sedangkan angka 10 adalah yang paling bersih.

Namun kenaikan ini belum mampu mendudukan Indonesia di jajaran negara-negara dengan indeks korupsi terendah. Indonesia masih berada di jajaran bawah -- negara-negara yang terbelenggu masalah korupsi.

Ketua Transparency International  Indonesia, Natalia Subagyo mengatakan, lompatan skor Indonesia dari 2,8 pada tahun 2010 dan 3,0 tahun 2011 bukanlah pencapaian yang signifikan.

Menurutnya tak hanya Indonesia yang memperoleh skor 3,0, beberapa negara di Afrika dan Amerika Latin seperti Argentina, Mexico, Burkina Faso, Djibouti, Gabon, Madagaskar, Malawi, Benin, Suriname, Sao Tome Principe, dan Tanzania.

"Kita tidak boleh bangga juga dengan pencapaian ini. Artinya belum ada perubahan yang berarti dalam pemberantasan korupsi di Indonesia," kata Natalia Subagyo saat peluncuran Corruption Perception Indexs (CPI) di Graha CIMB Niaga, JL Jend Sudirman, Jakarta. Kamis, 1 Desember 2011.

Selain itu skor tersebut juga tidak merubah secara signifikan posisi Indonesia dalam persepsi korupsi di negara-negara ASEAN. Di Asia Tenggara Indonesia masih berada dibawah Singapura, Brunei, Malaysia dan Thailand.

Di ASEAN, CPI mencatat Singapura sebagai negara yang memiliki skor CPI tertinggi dengan skor 9,2 . Disusul Brunei Darussalam 5,2. Malaysia 4,3. Thailand 3,4. Indonesia 3,0. Vietnam 2,9. Filipina 2,6. Laos 2,2. Kamboja 2,1. Myanmar 1,5.

"Kenaikan 0,2 ini merupakan kenaikan reguler sejak tahun 2000 itu selalu begitu. Kita selalu punya respon kalau berada di bawah Malaysia, mudah-mudahan kita marah kalau CPI kita di bawah Malaysia," ujar Sekjen TI Teten Masduki. (eh)

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024