Menkopolhukam: Secara Umum, Papua Aman

Penurunan bendera Bintang Kejora milik OPM di Papua beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAnews - Menteri Koordinator Polirik dan Keamanan, Djoko Suyanto mengatakan secara umum kondisi di Papua aman saat HUT Organisasi Papua Merdeka, Kamis 1 Desember 2011. Ada sedikit gejolak, namun berhasil dikelola dengan baik oleh aparat.

"Penghargaan tinggi kita berikan pada mayoritas masyarakat Papua. Ada isu akan terjadi peristiwa mengkhawatirkan, tapi hari ini kondisi keamanan dalam keadaan yang baik," kata Djoko di Jakarta.

Namun demikian, Djoko tidak memungkiri adanya serangan yang diterima oleh aparat keamanan di Papua. "Hari ini ada kejadian, anggota Polri dikeroyok, satu orang selamat, satu luka parah," kata dia.

Menurut dia, aparat keamanan telah melakukan upaya persuasif untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat Papua. "Sosialisasi bagi terciptanya situasi damai oleh aparat intelijen, keamanan, bisa diterima oleh masyarakat," ujar dia.

Djoko mengatakan, penyerangan yang dilakukan oleh sekelompok warga di Papua termasuk tindakan kriminal. Sehingga, polisi bisa melakukan pemrosesan kasus itu secara kriminal. "Kalau Polri mencari itu, harus diartikan dalam penegakan hukum," kata Djoko.

"Mudah-mudahan tak ada lagi tindakan melawan, menyerang aparat yang ada. Karena pada dasarnya, aparat tidak akan melakukan kekerasan jika rakyat tidak melakukan itu."

Selain itu, Djoko menyayangkan masih adanya pihak-pihak yang menyebarkan provokasi melalui telepon seluler kepada masyarakat Papua. Terlebih mereka menyebarkan isu adanya sweeping di asrama pelajar Papua.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

"Sangat disayangkan kemajuan teknologi justru dipakai pihak yang tidak bertanggung jawab menyebarkan isu yang salah. Bersyukur masyarakat Papua tidak terprovokasi oleh SMS yang beredar," kata dia.

Dalam peringatan HUT OPM kali ini, beberapa bendera bintang kejora yang merupakan simbol perlawanan OPM sempat berkibar di beberapa tempat di Papua. Namun, aparat keamanan kemudian menurunkannya. (umi)

Ketua Harian DPP Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak

Partai di Koalisi Indonesia Maju atau KIM, akan segera berkumpul syukuran usai Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, menang di Pilpres 2024. PKB dan Nasdem diundang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024