Polri Selidiki Pengibaran Bintang Kejora

Sarang OPM di Belanda
Sumber :
  • Jackson Kumaat

VIVAnews – Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menyatakan, kepolisian sedang menyelidiki peristiwa pengibaran Bendera Bintang Kejora di Lapangan Timika, Papua, Kamis 1 Desember 2011 kemarin. Bintang Kejora adalah simbol Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Tim pemburu sedang melakukan langkah-langkah penyelidikan. Kita tunggu hasilnya,” kata Kapolri di Istana Negara, Jumat 2 Desember 2011. Mengulang penjelasannya kemarin, Timur mengatakan bahwa pihaknya saat ini memeriksa 4 orang terkait insiden tersebut.

“Ada 4 yang diperiksa. Nanti saya cek bagaimana perkembangannya,” ujar Timur. Ia menegaskan, aparat keamanan di Papua telah melakukan sejumlah langkah untuk mengamankan Hari Ulang Tahun OPM yang jatuh pada 1 Desember kemarin. “Mengedepankan langkah pre-emptive (pencegahan) kepada tokoh masyarakat dan agama untuk bisa mengendalikan umatnya,” terangnya.

Terkait insiden pengibaran Bendera Bintang Kejora di Timika, Juru Bicara Polda Papua Kombes Wachyono, sebelumnya membeberkan kronologi peristiwa itu. “Massa yang saat itu sedang menari Waeta, tiba-tiba menaikkan Bendera Bintang Kejora di tiang bendera Lapangan Timika Indah yang selama ini kerap digunakan untuk upacara oleh instansi-instansi pemerintah,” ucapnya.

Sesudah bendera dikibarkan, kata Wachyono, aparat keamanan yang dipimpin langsung Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw mencoba bernegoisasi dengan massa. Tapi upaya tidak berhasil, dan massa malah balik melempari petugas dengan batu.

“Ketika bendera dikibarkan, Wakapolda mencoba nego, tapi ditolak keras oleh massa yang berkerumun sambil dikelilingi Bendera Bintang Kejora. Mereka kemudian malah melempari petugas yang berupaya membubarkan,” papar Wachyono.

Karena situasi mulai menjurus anarkis, lanjut Wachyono, aparat keamanan kemudian mengeluarkan sejumlah tembakan peringatan. “Aparat gabungan polisi dan TNI sambil mengeluarkan tembakan peringatan, juga berupaya membubarkan konsentrasi massa. Massa lantas membubarkan diri sambil ada yang mematahkan tiang bendera, dan membawa Bintang Kejora yang dikibarkan,” ujarnya. (umi)

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024