Eks Pansel: Pimpinan Baru KPK Jangan Takut

Fit and Proper Test Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Komarudin Hidayat berharap pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru bisa menuntaskan berbagai kasus yang menjadi sorotan publik.

"Siapa pun ketua KPK itu, masyarakat kita kan sudah berapa kali dikecewakan. Maka, kepada pimpinan KPK yang sekarang, please penuhi harapan rakyat," ujar Komarudin di DPR RI, Jakarta, Jumat 2 Desember 2011.

Pimpinan KPK, menurut mantan anggota Pansel KPK periode 2008-2011 ini, juga harus menjaga dan menyelamatkan kelembagaan KPK dari krisis kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum. Oleh karena itu, Komarudin melanjutkan, KPK mesti terus mengawal gerakan pemberantasan korupsi di era reformasi dengan sebaik-baiknya. "Korupsi kian mewabah," kata Komarudin.

Hiruk pikuk politik, menurut dia, sudah tidak terlalu dipedulikan lagi oleh rakyat. Maka, Komarudin mengimbau KPK agar berani mengusut kasus korupsi besar meski ada tekanan politik. "KPK jangan takut, mau siapa pun itu kalau bersalah ya harus ditangkap dan dihukum," kata Komarudin.

Komarudin menambahkan, ada harapan besar dari masyarakat bahwa KPK mampu mengungkap skandal kasus Century. "Akan menjadi catatan kelabu dalam sejarah Indonesia kalau ternyata kasus Century menguap begitu saja," ujarnya.

Selain itu, Komarudin menambahkan, formasi pimpinan KPK yang baru ini dapat lebih bersinergi dengan lembaga penegak hukum yang lain. "KPK tolong kerja tim. Sebab terlalu kecil tangannya, padahal wabah korupsi meluas," kata Komarudin. (art)

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya
Ilustrasi garis polisi.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Mayat korban ditemukan dalam koper di semak-semak.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024