Bentrok Warga Puncak Papua, 3 Korban Tewas

Kerusuhan pacsa Kongres Rakyat Papua III
Sumber :
  • REUTERS/ Stringer

VIVAnews - Bentrok lanjutan antar dua kelompok yang dipicu proses Pemilukada di Kabupaten Puncak Papua kembali terjadi, Sabtu 3 Desember 2011, sekitar pukul 06.00 WIT.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Bentrok kali ini  terjadi di Kali Jila Distrik Gobe dan menewaskan tiga warga. Juru bicara Polda Papua, Komisaris Besar Wachyono mengatakan, bentrok warga antara kubu Simon Alom dengan Elvis Tabuni mengakibatkan tiga warga tewas.

''Warga yang tewas dari pihak Simon Alom, dan saat ini sudah dibakar sesuai adat setempat,'' ujarnya.

Menurut Wachyono, bentrok kembali terjadi, karena satu kubu meminta caretaker Bupati Decky Ambrauw segera diganti. Sebab, dianggap tidak netral dalam pelaksanaan proses pemilukada. Namun, tuntutan itu tidak mendapat tanggapan dari Pemerintah Provinsi Papua, sehingga bentrok berlanjut.

''Terjadinya perang suku ini akibat tuntutan agar caretaker Bupati Decky Ambrauw, masa jabatannya tidak diperpanjang tak ditanggapi.  Pertikaian tidak dapat dihindari,'' kata Wachyono.

Pasca bentrokan, Polda Papua mengirim personel Polsek dan BK0 Brimob ke lokasi kejadian. Mereka dikirim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

''Saat ini perang suku sudah dapat dilerai dan anggota sedang melakukan olah TKP,'' kata Wachyono.

Menurutnya, Polda dan Pemerintah Provinsi sedang dalam proses menangani pertikaian kedua kelompok ini. Bahkan, keduanya sudah menyatakan siap menyelenggarakan pemilukada yang damai. Tapi, bentrok kembali terjadi.

Tiga  korban tewas dalam bentrok dari pihak Simon Alom (Bakal Calon Bupati). Yakni Endiles Waker (26 tahun), Yelinus Murib (30 tahun) dan  Edison Murib (40 tahun).

Laporan : Banjir Ambarita : Papua

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024
Ilustrasi uang rupiah

Indonesian Rupiah Exchange Rate Increases

The exchange rate of the Indonesian Rupiah against the US Dollar in the spot market increases on Thursday (April 18). The Rupiah strengthened by 48 points or 0.29 percent

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024