Sosialisasi TKI dengan Goyang Dangdut

TKW NTT
Sumber :
  • VIVAnews/ Adri Irianto

VIVAnews - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat tengah melakukan 'rally' ke kantong-kantong pemasok Tenaga Kerja Indonesia. Rally sosialiasi ini dilakukan dengan cara gelar kesenian rakyat.

"Sosialisasi model kesenian daerah ditujukan untuk menyampaikan pesan-pesan edukatif terkait upaya pencegahan TKI ilegal atau TKI tidak berdokumen sah, yang diharapkan dapat diterima dengan lebih luas serta efektif," kata Jumhur dalam keterangan tertulis, Minggu 4 Desember 2011.

Sosialiasi TKI dengan kesenian tradisonal itu ditutup di Lapangan Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, semalam. Kegiatan sosialisasi di Karawang menampilkan Wayang Golek Kontemporer dengan Dalang Riswa dari Bandung, pedangdut kondang Evie Tamala, maupun para penyanyi lokal yang turut memeriahkan acara.

Tak ketinggalan penampilan Grup Musik Ki Ageng Ganjur, Jakarta pimpinan seniman Al Azastrow yang selama penyelenggaraan sosialisasi BNP2TKI mengiringi pementasan kesenian tradisional. Pada acara yang juga bekerjasama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) itu hadir Wakil Bupati Karawang, Celica Nurahadiyana.

BNP2TKI melaksanakan kegiatan serupa di lima provinsi utamanya meliputi 7 lokasi daerah kantong TKI yaitu Sukabumi, Jawa Barat, Malang dan Blitar, Jawa Timur, Sragen dan Batang. Pringsewu, Lampung, serta Serang, Banten.

Rangkaian sosialisasi yang mengambil tema, "Kita Semua Peduli TKI" itu sebagai keinginan BNP2TKI untuk terus menyapa dan memperhatikan keberadaan TKI berikut keluarganya. "Inti dari tema itu juga mengandung maksud upaya perbaikan dalam pelayanan penempatan dan perlindungan kepada TKI oleh BNP2TKI," kata Jumhur.

Dalam sosialisasi itu, BNP2TKI mengingatkan kembali adanya layanan pusat pengaduan gratis 24 jam nonstop ke nomor 080001000. Layanan itu untuk mempercepat akses masyarakat dalam mendapatkan keadilan atas berbagai pengaduan terkait masalah TKI.

Pemerintah berjanji ingin memperbaiki pelayanan sosialisasi kepada masyarakat, pelayanan administrasi, penempatan dan perlindungan TKI. Pemerintah tak rela pelecehan atas satu orang pun warganegara atau TKI di luar negeri. "Apalagi bila pelecehan yang mengusik kemartabatan bangsa itu sering terjadi," kata dia.

Jumhur menegaskan, pemerintah bersikap tegas menerapkan penghentian sementara atau moratorium kepada negara-negara yang tidak mampu melindungi TKI secara baik seperti Arab Saudi, Kuwait, Suriah, dan Yordania.

Moratorium penempatan TKI ke Malaysia yang berlaku sejak Juni 2009 telah dicabut pada 1 Desember lalu, karena terdapat komitmen pihak Malaysia untuk melindungi TKI lebih baik.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024