Ani Yudhoyono: Cacat Fisik Bukan Halangan

Ibu Ani Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ibu Negara Ani Yudhoyono menyemangati para penyandang cacat. Ani mengajak agar para penyandang cacat tetap optimistis berkarya dan meraih prestasi di berbagai bidang.

"Kita harus tetap semangat membangun bangsa yang kita cintai ini secara bersama-sama," kata Ani Yudhoyono saat memberikan sambutan pembukaan acara 'Gerak Jalan Santai Penyandang Disabilitas' di halaman kantor RRI, Jakarta, Minggu 4 Desember 2011.

Ani menambahkan, bantuan terhadap para penyandang cacat akan ditingkatkan. Bantuan berupa dana jaminan sosial sebesar Rp300 ribu kepada 19.025 penyandang cacat di 33 provinsi telah diberikan pada tahun ini. "Tahun depan insya Allah akan ditingkatkan lagi," kata Ani.

Pemberian alat bantu, pendidikan ketrampilan, pembukaan akses kerja, juga telah dilakukan kepada para penyandang cacat. Menurut Ani, cacat fisik tak boleh jadi halangan untuk berjuang hidup lebih baik.

"Saya harap penyandang disabilitas tak berkecil hati. Pada dasarnya kita adalah sama, mahluk Tuhan yang punya hati dan keinginan untuk dapat terus hidup dengan damai," kata Ani.

Ani menyatakan, para penyandang atlet yang telah memenangkan kompetisi olimpiade penyandang cacat tahun ini di Athena, harus berbangga karena telah turut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Ani berharap pemberian kesempatan kerja kepada para penyandang cacat sebagaimana telah diatur dalam UU nomor 4/1997 dapat diterapkan lebih luas. Hal itu demi tidak mengabaikan potensi para penyandang cacat.

Dengan memberikan kesempatan untuk bekerja dan memberikan akses terhadap layanan publik lainnya, lanjut Ani, maka akan membuat para penyandang cacat kian mandiri dan menyatu dengan masyarakat.

Gerak jalan santai para penyandang disabilitas ini diselenggarakan oleh LPP RRI secara nasional bekerja sama dengan lembaga relawan dan lembaga sosial seperti Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI), HIPENCA, BK3S, Yayasan Asih Budi, Dompet Dhuafa, dan lain-lain.

Program ini merupakan peringatan hari penyandang Cacat Internasional dan hari internasional relawan untuk tahun 2011. Tampak hadir Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar dalam acara yang diikuti oleh 12 ribu penyandang disabilitas pada 77 stasiun RRI seluruh Indonesia. Ini.

Setelah menyampaikan sambutan itu, Ani melepas sekitar 1.000 peserta dari tuna rungu, tuna netra, tuna daksa, dan tuna grahita di kantor RRI Jakarta melakukan gerak jalan untuk rute di seputaran Monas. (adi)

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024