Dewan Gereja Sedunia Datangi GKI Yasmin

Misa Natal di Gereja Immanuel,Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Dewan Gereja Sedunia kembali mendatangi ke Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin yang terletak di Jalan Raya KH Abdullah Nuh, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Perwakilan Dewan Gereja Sedunia berharap masalah GKI Yasmin bisa selesai.

Kedatangan Dewan Gereja Sedunia tersebut dijaga ketat oleh aparat kepolisian dari Polres Bogor Kota dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Bogor, Minggu 4 Desember 2011. Petugas mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Sementara itu, puluhan jemaat GKI Yasmin ikut serta dengan Dewan Gereja Sedunia tersebut. Namun, jemaat tidak beribadah di sekitar trotoar karena tidak diperbolehkan oleh petugas dan pemerintah kota. Puluhan Jemaat GKI ini beribadah di rumah salah satu rumah jemaat. Sedangkan, tempat ibadah yang disediakan oleh pemerintah kota tidak digunakan hingga saat ini.

Perwakilan Dewan Gereja Sedunia, Pendeta Nababan berharap konflik GKI Yasmin dengan warga sekitarnya cepat diselesaikan. Selain itu, dia juga meminta Pemkot Bogor mematuhi keputusan Mahkamah Agung (MA) dan ombudsmen. Terkait, polemik GKI Yasmin yang masih berlarut-larut penyelesaiannya.

Sebelumnya, Walikota Bogor Diani Budiarto yang membatalkan izin mendirikan bangunan (IMB) GKI Taman Yasmin beraudiensi dengan Majelis Ulama Indonesia. MUI yang tak mendengarkan keterangan pihak jemaat gereja menguatkan alasan Walikota menolak bangunan gereja di lokasi yang sekarang yang tak sesuai prosedur.

Padahal, MA telah menyatakan bahwa IMB gereja tersebut sah sehingga GKI Yasmin boleh didirikan di kompleks perumahan Taman Yasmin itu. Bahkan, Ketua MA Harifin Andi Tumpa mengatakan Walikota Bogor harus melaksanakan putusan MA terkait kisruh GKI Taman Yasmin tanpa syarat.

Polisi Ungkap Alasan Chandrika Chika Konsumsi Ganja: Bukan Doping Tapi Circle Pergaulan

Menurut Harifin, jika Walikota Bogor tidak melaksanakan putusan MA terkait GKI Yasmin, justru dapat membuat kerukunan umat beragama disorot dunia internasional. Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor (adi)

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

PKB Bantah Pertemuan Prabowo dan Cak Imin Bahas Kursi Menteri

Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto telah melangsungkan pertemuan secara tertutup dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024