GAM Peringati Milad di Makam Hasan Tiro

Hasan Tiro
Sumber :
  • asnlf

VIVAnews - Sejumlah mantan aktivis Gerakan Aceh Merdeka (GAM) memperinggati 35 tahun berdirinya organisasi itu di dua tempat berbeda, yaitu di Desa Mereu Aceh Besar dan di Desa Lamdingin Banda Aceh. Peringatan milad GAM ini diisi dengan doa bersama dan kenduri anak yatim.

Di Desa Mereu, Indrapuri, Aceh Besar ratusan warga tampak memadati Komplek Makam Teuku Chik Di Tiro yang juga merupakan tempat peristirahatan terakhir Deklarator GAM Teuku Hasan Muhammad di Tiro. Tampak sejumlah petinggi GAM seperti Malik Mahmud, Zaini Abdullah dan Ketua Partai Aceh Muzakir Manaf.

Dalam pidatonya, Muzakir Manaf mengimbau masyarakat agar menjaga perdamaian Aceh. "Perdamaain ini sangat mahal dan sempurna, kita harus mempertahankan perdamaian melalui MoU Helsinki ini agar menjadi perdamaian yang hakiki," katanya Minggu, 4 Desember 2011.

Di komplek makam itu juga disediakan makanan bagi masyarakat yang ikut meramaikan peringatan itu. Para mantan petinggi GAM yang diwakili Zaini Abdullah menyantuni 35 orang anak yatim secara simbolis, sesuai dengan usia berdirinya gerakan itu.

Sementara di komplek makam Tengku Syiah Kuala, Banda Aceh, juga tampak puluhan aktivis GAM juga mengadakan doa bersama dan kenduri anak yatim. Tampak mantan juru runding GAM Bahtiar Abdullah, Walikota Sabang Munawarliza Zainal, dan sejumlah aktivis GAM lainnya. Istri Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Darwati A Gani juga turut hadir.

Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dideklarasikan di kawasan Gunong Halimon Pidie pada 4 Desember 1976 oleh Teuku Hasan Muhammad di Tiro. Organisasi ini berjuang untuk memerdekakan Aceh dan memisahkan diri dari Indonesia.

Kesepakatan perdamaian antara GAM dan Pemerintah Indonesia akhirnya lahir pada 15 Agustus 2005 melalui perjanjian di Helsinki Finlandia. GAM akhirnya kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menerima kekhususan Aceh yang tertuang dalam nota kesepahaman damai itu. Laporan : Riza Nasser | Aceh (adi)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024