Letusan Gamalama: Bandara di Ternate Tutup

Gunung Gamalama dilihat dari Kota Ternate, Maluku Utara
Gunung Gamalama dilihat dari Kota Ternate, Maluku Utara
Sumber :
  • Antara/ John Nikita

VIVAnews - Aktivitas Gunung Gamalama hingga saat ini menurun, dan masih berstatus siaga. Letupan dan hujan abu dari gunung itu, yang terletak di Ternate, Maluku Utara, masih terjadi walaupun dalam skala yang relatif kecil.

Kondisi ini menyebabkan Pemerintah Daerah setempat menutup Bandara Sultan Babullah, Ternate. Penutupan dilakukan hingga saat ini, dan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Karena jarak pandangnya berkurang, sehingga dikhawatirkan akan ada kejadian yang tidak diinginkan. Jadi bandara sementara ini ditutup," kata Wakil Walikota Ternate Arifin Jafar, saat dihubungi VIVAnews, Senin, 5 Desember 2012.

Walau bandara ditutup, Arifin mengatakan tidak akan mengganggu persiapan evakuasi. Penutupan bandara juga belum mempengaruhi persiapan bantuan, baik logistik, obat-obatan, dan kebutuhan evakuasi lain.

"Untuk sementara persiapan logistik tidak ada masalah," ucap Arifin.

Saat ini, Pemerintah Kota Ternate telah menyiapkan 10 titik evakuasi dan pengungsian. Ada 10 titik yang akan dijadikan penampungan.

"Mereka menggunakan sejumlah gedung dan aula seperti eks kantor gubernur serta aula-aula yang terdapat di sejumlah sekolah di Ternate," ucap Arifin. (ren)