Banjir Bengawan Solo Ancam 15 Kecamatan

Air Bengawan Solo terus naik hingga mencapai 7,59 meter
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews - Debit air permukaaan Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengalami peningkatan yang siginfikan dalam dua hari terakhir.

Peningkatan debit air tersebut dipicu tingginya curah hujan lokal. Meski demikian, posisi  air masih dibawah siaga bencana, Senin, 5 Desember 2011.

Sutardjo, selaku Kepala Seksi Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi Pemkab Bojonegoro, mengungkapkan, kenaikan debit air selama dua hari ini disebabkan karena hujan lokal yang cukup tinggi. Akibatnya, puluhan anak sungai Bengawan Solo meluap. ”Hal ini yang membuat debit air Bengawan Solo naik dalam dua hari terakhir,” kata dia, Senin 5 Desember 2011.

Dia menjelaskan, saat ini tinggi muka air Sungai Bengawan Solo pada pos pantau air Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro pada pukul 13.15 WIB posisi air 11.80 dari permukaan air laut (dpl). Sedangkan, Siaga I banjir pada pos pemantau ditetapkan jika permukaan air berada pada level 13.00 dpl.

“Jadi, peningkatan debit bukan kontribusi dari hulu sungai,” jelasnya. Jika air sudah masuk Siaga 1, instansinya akan memantau setiap waktu.

Jika air sungai Bengawan Solo mulai meluap banjir berpotensi terjadi di 15 Kecamatan yang berada di Kabupaten Bojonegoro. Diantaranya Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Padangan, Kasiman,  Kedewan, Malo, Kalitidu, Dander, Trucuk, Bojonegoro, Kapas, Sumberrejo, Kanor, dan Baureno.

Daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo adalah satu dari empat daerah yang perlu mendapat prioritas tinggi terkait ancaman banjir. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Tiga lainnya adalah Merapi (banjir lahar dingin), DKI Jakarta, dan Daerah Aliran Citarum.

Sementara, berdasarkan prediksi banjir dari LAPAN, diperkirakan sekitar 98 kabupaten/kota di Pulau Jawa akan terendam banjir pada Desember 2011 hingga Januari 2012. Banjir diprediksi terjadi di dataran, khususnya di daerah cekungan, bantaran sungai, dan daerah yang secara alamiah sering terjadi banjir.


Laporan: Pambudi Eko | Bojonegoro, umi

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi
Chandrika Chika

Dipenjara karena Narkoba, Chandrika Chika Ngaku Salah Pilih Teman

Selebgram Chandrika Chika akhirnya dijenguk oleh keluarganya di tahanan akibat terjerat kasus narkoba. Sebelumnya, Chandrika Chika beserta 5 orang teman diringkus polisi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024