Rektor UKI Bubarkan Diskusi Soal Century

Yusril Ihza Mahendra, Bambang Soesatyo dan Adhie Massardi di diskusi Kampus UKI
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan

VIVAnews - Diskusi dengan tema "Mengurai Skandal Century 6,7 Triliun Serta keterlibatan SBY- Boediono" di kantin Universitas Kristen Indonesia (UKI), Senin 5 Desember 2011, dibubarkan paksa. Diskusi yang diikuti oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan sejumlah aktivis itu akhirnya bubar setelah rektor UKI melarangnya.

Beberapa tokoh yang hadir dalam diskusi itu antaralain anggota DPR RI, Bambang Susatyo, mantan anggota Fraksi Keadilan Sejahtera M. Misbakhun, Adhi Mashardi, dan mantan Menteri Hukum dan HAM, Yusril Ihza Mahendra.

Menurut salah satu mahasiswa yang mengikuti diskusiĀ  tersebut, Berian, diskusi dihentikan karena dinilai tidak memiliki izin pemakaian tempat. Selain itu, penyelenggara diskusi juga dinilai bukan organisasi resmi dari kampus UKI. "Organisasi yang mengadakan juga tidak jelas, katanya angkatan 2011 yang mengadakan," ujar Berian kepada VIVAnews.

Menurutnya, diskusi itu dimulai pada pukul 13.30 WIB. Beberapa saat kemudian, diskusi itu dihentikan oleh Rektor UKI, Maruli Gultom. "Acara sempat berlangsung sekitar satu jam, setelah Bambang Susatyo bicara, kemudian Yusril Ihza, setelah itu Adi Mashardi menyampaikan materi. Rektor kemudian masuk dan mengatakan kalau diskusi tersebut tidak ada izin," ujar Berian.

Berian mengatakan, pada saat itu, rektor mempertanyakan pihak penyelenggara acara. Rektor juga mengatakan tidak ada maksud politis dalam membubarkan acara tersebut. "Rektor bilang mendukung acara tersebut, tapi harus ada izin dan jelas siapa yang mengadakan, jangan sampai ada pihak- pihak yang memanfaatkan UKI," ujar Berian.

Dalam pembubaran ini tidak ada aksi kekerasan. "Usai dibubarkan oleh rektor, para narasumber pun keluar dari ruangan kantin yang di sulap menjadi tempat," ujarnya. (umi)

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024