Polri Terima 3 Kapal Canggih dari Australia

Kapal patroli buatan SMKN 3 Buduran Sidoarjo
Sumber :
  • Siska Prestiwati | Surabaya Post

VIVAnews - Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menerima hibah tiga buah kapal baru dari pemerintah Australia. Tiga kapal tersebut masing-masing diberi nama KP Gagak-017, KP Sikatan-018, dan KP Pelatuk-019. Acara serah terima dilakukan di Mako Ditpolair Baharkam Polri Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa 6 Desember 2011.

"Hibah ini tidak ada kaitannya dengan apapun. Ini hibah murni, untuk kepetingan bersama dalam rangka menangani kejahatan di laut," kata Timur Pradopo.

Timur mengatakan, kejahatan yang paling disoroti yang terjadi di perairan, di antaranya penyelundupan narkotika, perdagangan manusia, dan terorisme. "Pemerintah Australia banyak membantu kita, termasuk memberikan pelatihan-pelatihan. Kapal-kapal ini sangat efisien untuk menempuh jarak 12 mil dengan cepat," jelasnya.

Kapal-kapal ini, tambah dia, akan ditempatkan di lingkungan perairan yang membutuhkan kapal itu. "Memang diakui kita memerlukan banyak kapal seperti ini, untuk ditempatkan di unit-unit perairan seluruh Polda," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Australia, Brandon O'Conor mengatakan, alasan pemerintah Australia memberikan kapal-kapal itu, karena adanya kerjasama lintas negara untuk memerangi kejahatan Narkotika, penjualan manusia dan terorisme. "Kami menilai Polisi Indonesia sangat baik dan handal untuk memerangi kejahatan lintas negara," terangnya.

Menurut Conor, akibat adanya globalisasi, kejahatan kini bisa menembus lintas batas negara. Untuk itu kepolisian antar negara harus bekerjasama memerangi kejahatan yang terus berkembang.

Tiga kapal pemberian Australia itu memiliki, panjang 16 meter, Lebar 4,1 meter. Terbuat dari bahan aluminium, dengan kecepatan penuh 35 knot, jarak jelajah 40 km, dengan ABK enam orang. Kapal itu  dibuat di Singapura tahun 2011.

Selain tiga kapal dari Australia itu, kapolri juga meresmikan penggunaan kapal angkut Polri dengan nama KP Abimanyu yang dibeli dari anggaran kepolisian senilai Rp48 miliar.

Laporan: Arnes Ritonga l  Jakarta Utara, umi

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon
Ilustrasi depresi

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang biasanya kita gemari.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024