RI Ratifikasi Traktat Larang Uji Coba Nuklir

Instalasi nuklir Marcoule di Perancis
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews – Pemerintah Indonesia dan DPR RI setuju meratifikasi Traktat Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir (Comprehensive Nuclear Test-Ban Treaty /CTBT). Seperti dikutip dari laman Reuters, Indonesia menjadi negara ke-156 yang meratifikasi CTBT.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Dengan langkah Indonesia tersebut, maka tinggal sisa delapan negara yang ratifikasinya dibutuhkan agar CTBT bisa memberikan efek. Delapan negara tersebut adalah Amerika Serikat, China, India, Pakistan, Israel, Iran, Korea Utara, dan Mesir.

“Ratifikasi oleh Indonesia saat ini diharapkan akan memberikan dorongan bagi pemilik senjata nuklir untuk melakukan hal yang sama,” ujar Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Sementara itu Sekretaris Eksekutif Organisasi Traktat Larangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir (Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty Organization /CTBTO), Tibor Toth menyambut baik keputusan parlemen Indonesia untuk meratifikasi CTBT.

“Saya menyambut hasil voting parlemen Indonesia hari ini untuk meratifikasi perjanjian,” ujar Toth dalam situs resmi CTBTO.

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

Anggota Komisi I DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono juga menyambut baik disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang CTBT pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Selasa, 6 Desember 2011.

”Ratifikasi CTBT dapat meningkatkan postur Indonesia di dunia internasional dan juga meningkatkan bargaining position Indonesia di panggung global. Sekali lagi Indonesia telah memberikan bukti nyata kontribusi Indonesia di kawasan, setelah sebelumnya sukses menjadi Ketua ASEAN dan memimpin sidang-sidang regional kawasan Asia Pasifik,” ujarnya. (eh)

Pembukaan pendidikan mahasiswa sarjana STIK Lemdiklat Polri

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Upacara pembukaan pendidikan mahasiswa S1 STIK Lemdiklat Polri angkatan ke-82 digelar pada hari ini, Selasa, 23 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024