Gempa 5,2 SR Guncang Maluku dan Manado

Peta bahaya gempa Indonesia terbaru tahun 2010.
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Gempa berkekuatan 5,2 skala richter mengguncang pulau Maluku dan Manado malam ini.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Menurut  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pusat gempa terjadi pada 1.45 Lintang Utara,127.09 Bujur Timur, 80 kilometer Barat Laut Ternate- Maluku  Utara, 211 km Timur Bitung-Sulut, atau 250 km Tenggara Manado-Sulawesi Utara.

Namun, gempa dengan kedalaman 105 KM tersebut disinyalir tidak berpotensi bencana tsunami.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bitung, J.F. Ransalele menuturkan, bahwa struktur tanah yang labil serta letak yang berada di garis pantai memang rentan dengan bencana.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

"Kota Bitung memang rentan dengan bencana, karena dilihat dari struktur tanah dan berada di garis pantai,"  ujarnya kepada VIVAnews.com, Selasa malam, 6 Desember 2011.

Wilayah Pulau Lembeh di bagian selatan, ujar Ransalele, Lembeh Utara, serta di Kecamatan Ranowulu rawan dengan air pasang dan tsunami. "Untuk kecamatan yang lain, seperti Kecamatan Madidir, Maesa dan Kecamatan Matuari bahkan rawan dengan adanya banjir," kata dia.

Namun, dia mengaku bahwa pihak BPBD Kota Bitung setiap saat berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk melakukan antisipasi, serta berkoordinasi dengan BMKG Kota Bitung untuk melihat perkembangan cuaca, serta peringatan dini gempa dan tsunami. (Laporan: Roger Wenas | Sulawesi Utara, eh)

Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024