Ical: Soal Papua, Sikap Saya Jelas

Oktovianus Maniani
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Aksi penembakan oleh kelompok bersenjata kembali terjadi di Papua. Tidak hanya orang sipil, aparat keamanan pun kerap kali menjadi korban kebrutalan kelompok pengganggu keamanan di negara yang berbatasan dengan Papua Nugini tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie angkat bicara. Menurutnya, soal Papua, Ical---panggilan akrabnya---memiliki sikap jelas. Baginya, Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan kita harus sama-sama memperjuangkan itu.

"Jangan sampai konflik di Papua separah Aceh, sebelum akhirnya dicapai perdamaian di sana," kata dia, saat bertemu dengan sejumlah warga Indonesia di Kediaman Resmi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, di Washington DC, Senin waktu setempat.

Pada kesempatan itu, Aburizal mengungkapkan, solusi bagi Papua yakni harus dicapai secara damai, berdasarkan penghormatan atas hukum, juga pembangunan kesejahteraan rakyat. Sebab, dibandingkan bagian lain dari Indonesia, khususnya di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua relatif tertinggal, apalagi mereka yang tinggal di pegunungan seperti di Jayawijaya.

"Papua harus dibangun, melibatkan tokoh dan masyarakat setempat, local wisdom. Untuk itu capacity building menjadi penting. Kombinasi antara kekayaan alam, termasuk keanekaragaman hayati di Papua dengan pengelolaan yang baik. Saya yakin, akan menjadikan Papua sebagai kawasan yang bisa dibanggakan 5-10 tahun ke depan," tuturnya.

Jadi, dia menambahkan, solusi Papua tidak terlalu sulit kalau kita serius membangun dialog dan membangun masyarakjat pegunungan.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

"Dulu, sebagai Menko Kesra saya puluhan kali ke Papua, dan bahkan terlibat langsung menangani kelaparan di Yahokimo. Saya juga kenal belasan tokoh Papua, termasuk pembuat bendera Bintang Kejora Nicholas Jouwe. Mereka datang ke saya, menyerahkan senjata dan berjanji komitmen NKRI.  Saya merasa bisa berhubungan baik dengan tokoh-tokoh di Papua," tutur Aburizal.(Laporan: Uni Z. Lubis, Washington DC, eh)

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024