Selama 2011, 5 Jaksa Dipidana 11 Dipecat

Jampidsus, Marwan Effendy
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan, Marwan Effendy, mengungkapkan selama tahun 2011 Kejaksaan Agung sudah menerima 2.416 laporan tentang jaksa nakal.

"Sebanyak 215 pengaduan terbukti, 1.138 pengaduan tidak terbukti, dan 1.063 masih dalam tingkat penyelesaian," kata Marwan di Jakarta, Rabu 7 Desember 2011.

Selain itu, lanjut Marwan, ada sejumlah pegawai kejaksaan yang menjalani proses pidana yang saat ini penyidikannya dilakukan oleh KPK, kepolisian, dan kejaksaan. "Di kepolisian ada 1 orang, kejaksaan 2 orang, dan KPK 2 orang," jelasnya. "Tahun ini pun ada 11 orang yang diberhentikan."

Seperti diketahui, KPK menangkap tangan Jaksa Sistoyo. Dia kedapatan menerima sejumlah uang dari dua pengusaha di halaman kantornya, Kejaksaan Negeri Cibinong. Penyidik KPK menemukan uang senilai Rp99,9 juta di mobil Nissan X Trail milik Sistoyo.

KPK juga pernah menangkap tangan Jaksa dari Kejaksaan Negeri Tangerang, Dwi Seno Wijanarko. Dia juga diduga menerima suap dari pihak yang perkaranya tengah dia tangani.

Oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Serang, Jaksa Dwi Seno diganjar hukuman 1,5 tahun penjara. Dia terbukti meminta uang sebesar Rp200 juta kepada Kepala Kantor Pembantu BRI Ciputat Feri Priatman Hakim, ketika menangani perkara kredit fiktif di BRI Unit Ciputat. (eh)

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach
Zodiak

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Ramalan zodiak Rabu, 24 April 2024. Aries, teman dekat akan berbagi rahasia. Sagitarius, hubungan dengan kekasih mungkin tidak sehat. Capricorn menghadapi krisis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024