JK: Dukungan Komodo Bisa Masuk Muri

Jusuf Kalla Teleconfrence Dengan Direktur New 7 Wonders
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Duta Komodo, Jusuf Kalla mengatakan dukungan masyarakat pada Komodo dalam kontes tujuh keajaiban dunia yang digelar oleh Yayasan New7Wonders sangat luar biasa. Sehingga, untuk sementara Komodo bisa dinyatakan menjadi salah satu pemenang kontes tersebut.

"Dalam waktu 25 hari, ratusan juta SMS," ujar Jusuf Kalla saat ditemui di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu 7 Desember 2011.

Saking banyaknya, tambah Kalla, dukungan itu seharusnya bisa dimasukkan dalam rekor museum rekor. "Saya bisa jadi rekor Muri dalam lima menit menjadi duta besar Komodo dengan mengumpulkan ratusan juta dukungan masyarakat untuk Komodo," selorohnya sambil tertawa.

Menurut pria yang akrab disapa JK ini, aksi dukungan itu menunjukkan betapa masyarakat Indonesia bisa bersatu untuk mencapai kepentingan bangsa. "Bangsa ini mudah bersatu. Ada tiga syarat," ujar dia. "Pertama, selama ini masyarakat tahu tujuan itu apa. Kedua, bahwa ini berhasil semua kita untung dan Indonesia untung. Ketiga, itu jangan ada kepentingan pribadi."

Namun yang paling penting, kata dia, bagaimana dukungan masyarakat yang luar biasa tersebut bisa digunakan untuk melestarikan komodo yang telah langka keberadaannya. "Bagaimana caranya kita bikin harmoni manusia dengan alam," katanya.

Kalla mengatakan, upaya pelestarian Komodo bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Kombinasi antara pemerintah, khususnya daerah dengan masyarakat sangat dibutuhkan untuk pelestarian reptil purba itu.

Selain itu, JK menekankian pentingnya disiplin dari pemerintah daerah demi menjaga alam Komodo. Supaya ekosistem tempat hidup reptil berukuran besar itu tidak terganggu. "Tanpa adanya disiplin dari pemda, bisa-bisa banyak kios yang berdiri. Bisa-bisa nanti pantai akan diisi dengan pengusaha," katanya.

Dia menambahkan, untuk upaya pelestarian itu, sudah ada dana yang dikumpulkan dari sejumlah pengusaha. "Kita bersama dengan pengusaha sudah mengumpulkan Komodo Fund. Memang tidak banyak tapi cukup mendanai afiliasi," ujar Kalla. "Salah satu orang terkaya di Indonesia sebenernya orang NTT (Nusa Tenggara Timur)."

Pada 1 November yang lalu, Yayasan New7Wonders mengumumkan hasil poling SMS sementara kontes tujuh keajaiban dunia. Komodo menjadi salah satu pemenangnya. Namun, hasil resmi kontes ini baru akan diumumkan awal 2012 mendatang. (sj)

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024