Istri Terdakwa Bom Cirebon Tolak Sumpah Saksi

Ahmad Basuki Tersangka Teroris Bom Cirebon
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Dua istri terdakwa kasus bom Cirebon memberikan kesaksian dalam persidangan. Kedua saksi itu adalah Yulisnayanti, istri dari terdakwa Ahmad Basuki dan Sasmira, istri terdakwa Arief Budiman.

Yulisnayanti dan Sasmira memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan kasus Bom Cirebon di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu 7 Desember 2011. Sebelum bersaksi, Hakim Ketua Samsul Bahri Harahap meminta kedua saksi untuk bersumpah.

Namun, saksi Yulisnawati menolak disumpah dan sempat terjadi adu argumen. "Saya tidak mau bersumpah," kata Yulisnawati di depan Hakim ketua Syamsul Bahri. Yulisnawati tidak mengatakan alasan penolakan itu. Namun setelah terjadi perdebatan, akhirnya Yulisnawati bersedia untuk disumpah.

"Saya berharap dalam kesaksiannya nanti anda memberikan keterangan yang sebenar-benarnya," kata Syamsul. Yulisnawati juga menolak untuk membuka cadar penutup wajahnya saat hakim memintanya dengan alasan bertentangan dengan syariat. Hingga akhirnya untuk memastikan saksi, menunjukan KTP di depan majelis sidang.

Sementara, Yulisnayanti, istri terdakwa Ahmad Basuki, dalam kesaksiannya mengaku tidak mengetahui soal keterlibatan suaminya dengan jaringan bom Cirebon. "Saya tidak tahu itu," ujar Yulisnayanti.

Namun begitu, dia mengaku mengetahui adanya bungkus plastik yang disebut sebagai benda warisan dari pelaku pengeboman, M Syarif di Masjid Adzikro Mapolres Cirebon. Barang itu yang akan dibuang ke sungai soka oleh Ahmad Basuki.

Namun saat ditanya rinci barang itu, Yulisnayanti hanya mengetahui sebatas bungkusan dan tidak mengetahui secara rinci. Dia juga mengaku melihat barang itu disimpan di dalam kamarnya. Sementara saksi lainnya Sasmira, istri Arif budiman juga memberikan kesaksian seputar bom cirebon.

Selain 5 terdakwa bom Cirebon, pengadilan juga menggelar sidang 8 terdakwa jaringan bom Sukoharjo. Mereka disidang di sejumlah ruang sidang yang berbeda. Agenda sidang 8 terdakwa Sukoharjo adalah masih mendengarkan keterangan saksi. (sj)

Laporan: Muhammad Iyus, Tangerang

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres
Mobil SIM Keliling

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024

Polda Metro Jaya pada hari ini Kamis 25 April 2024 menyediakan mobil SIM Keliling yang tersebar di lima lokasi. Dilansir dari Korlantas Polri mobil pertama ada di wilayah

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024