Aliran Dana Miliaran Rupiah dari Malinda Dee

Sidang Lanjutan Malinda Dee
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Citigold Eksekutif Head di Citibank Landmark Reniwati Hamid mengungkapkan, selama menjadi pegawai di Citibank, Malinda Dee juga menjabat di empat perusahaan. Di antaranya  PT Sarwahita Global Manajemen, PT Porta Axell Amitee, PT Qadeera Agilo Resources, dan PT Axcomm Infoteco Centro.

Dalam kesaksiannya, Reniwati menyebutkan bahwa dana nasabah Citigold, Citibank senilai Rp2 miliar yang diduga digelapkan oleh Malinda pernah masuk ke PT Sarwahita Global Manajemen -- yang bergerak di bidang provider.

"Saya tahu setelah penyidikan, Rp2 miliar yang masuk," katanya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 7 Desember 2011.

Reniwati menuturkan, kucuran dana tertinggi yang masuk ke rekening perusahaan sebesar Rp600 juta. "Tertinggi yang kami terima Rp600 juta," ujarnya.

PT Sarwahita Global sendiri pernah menyimpan uang Rp650 juta di Bank Mega. "Rekening itu adalah rekening join Malinda Dee dan saya di Bank Mega tujuannya untuk operasional perusahaan," katanya.

Dalam perusahaan itu Reniwati berposisi sebagai direktur sementara Malinda menduduki posisi sebagai komisaris. Dia mengaku tidak mengetahui apabila dana di PT Sarwahita Global ternyata dana dari beberapa nasabah Citigold.

Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Sebelumnya diketahui, uang dari Malin Dee juga diduga mengalir ke sejumlah orang-orang terdekatnya. Termasuk, suami sirinya, Andhika Gumilang.

Malinda didakwa menggelapkan dana nasabah Citibank. Modusnya, dengan melakukan transaksi pemindahbukuan atau mentransfer dana para nasabah. Transfer dana ini tak diketahui nasabah.

Malinda dijerat dengan dakwaan primair pasal 49 ayat 1 dan 2 Undang-undang No. 7 Tahun 1992 sebagaimana diubah dengan Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan jo Pasal 55 Ayat 1 KUHP jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Malinda juga dikenai dakwaan subsider karena tak memiliki kewenangan untuk memproses pemindahbukuan dana nasabah tanpa izin yang sah dan tak sesuai prosedur. (umi)

Kylian Mbappe memeriksa memar di wajah Ronaldo

Daripada ke Madrid, Kylian Mbappe Mending Cari Gaji Rp6 Triliun Setahun

Kylian Mbappe digadang-gadang bakal gabung ke Real Madrid begitu musim 2023/2024 berakhir. Dia sudah mengumumkan tak mau lagi memperpanjang kontrak dengan PSG.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024