Dana Eks Bos Century di Fatmawati Diblokir

Robert Tantular
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mantan pemilik Bank Century Robert Tantular diketahui pernah mengalirkan Rp25 miliar ke Yayasan Fatmawati. Mabes Polri pun berencana memblokir dana ini.

"Kalau memang dana itu bersumber dari tindak pidana Century atau terkait dengan money laundering. Dana itu akan diblokir oleh penyidik," kata Saud Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis 8 Desember 2011.

Dana ini diduga terkait dengan masalah pertanahan. Menurut Saud, tim penyidik Mabes Polri sendiri masih menelusuri dana yang dipindahkan dari rekening Robert Tantular ke Yayasan Fatmawati. Penyidik juga berkoordinasi dengan Bareskrim Ekonomi Khusus.

"Mereka sedang menelusuri keberadaan dana tersebut. Nanti akan dilihat, dari Yayasan Fatmawati, akan ditelusuri dari mana asalnya," jelasnya.

Aliran uang ini terungkap saat Yayasan Fatmawati bersama pengacara Rony Hartawan melaporkan ke Mabes Polri bahwa mereka pernah menerima dana senilai Rp25 miliar. Mereka melapor karena khawatir terlibat dalam pelanggaran hukum pencucian uang. Atas laporan itu, Saud menilai hal itu adalah sesuatu yang positif.

Sempat Berhadapan dengan Maut, Chicco Jerikho Akui Jadi Semakin Dekat dengan Tuhan

Robert sendiri telah dipidana 9 tahun oleh Mahkamah Agung di tingkat kasasi dan dieksekusi ke LP Salemba. Pengadilan Tinggi menilai Robert melakukan sejumlah aksi yang merugikan Century. Misalnya, menerbitkan letter of credit (L/C) US$178 juta, pemberian kredit yang tidak sehat Rp 382 miliar, dan penggelapan dana valuta asing US$18 juta.

Babe Cabita dan istri.

Seminggu Setelah Kepergian, Istri Babe Cabita Disebut Masih Sering Melamun

Elvira F Tanjung, kakak ipar Babe Cabita, mengungkapkan bahwa Zulfati Indraloka masih sering merenungi kepergian Babe Cabita dan menarik diri sejak itu.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024