Kapal dan 30 Penumpangnya Hilang di Kalbar

perahu tenggelam di bali
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews -- Sebuah kapal pengangkut barang atau kapal kargo diduga hilang di perairan Kendawangan Kabupaten Ketapang  Kalimantan Barat pada Selasa 29 November 2011 lalu. Kapal Kargo KLM Jujur Harapan  dengan enam  awak dan 24 penumpang ini diduga hilang karena cuaca ekstrem yang melanda Kalimantan Barat beberapa waktu terakhir.

Upaya pencarian terus dilakukan oleh pihak terkait hingga saat ini. Menurut penuturan pemilik kapal, Syaenudin (48) keberangkatan kapalnya itu dari Wakatobi Sulawesi Tenggara berlayar menujuju Pontianak dengan membawa barang hiburan rakyat. Kapal itu berangkat pada 17 November 2011 dari pelabuhan Waji Wakatobi.

“Ya jujur sampai saat ini saya masih khawatir dengan penumpang kapal beserta awak. Seharusnya mereka itu harusnya sampai di Pontianak. Tapi, sampai saat ini belum ada kabar apa-apa dari mereka, ”kata Syaenudin, kepada VIVAnews.com, Kamis 8 Desember 2011.

Hingga saat ini, kata Syaenudin, pihaknya masih terus mencari informasi keberadaan kapalnya tersebut. “Saya mendapat kabar bahwa kapal saya itu hilang, lalu ada kabar lagi kapal saya itu udah ditemukan, ditarik, dan ditolong oleh pihak terkait. Saya berharap semoga cepat ketemu para penumpang dan awak kapalnya,” harap dia.

Sementara itu, menurut Kepala SAR Pontianak Marsudi, kejadian  hilangnya kapal kargo KLM Jujur Harapan berada di perairan Kendawangan Kabupaten Ketapang, Kalbar. Kata dia, upaya pertolongan sudah diupayakan oleh pihaknya. Namun, lagi–lagi persoalan cuacalah yang kurang mendukung pada saat penarikan kapal nahas tersebut.

“Pada saat upaya penarikan kapal kargo KLM Jujur Harapan itu kondisi cuaca buruk sekali. Yang jelas kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan. Kami tetap akan mencari keberadaan kapal yang hilang," kata Marsudi.

 
Laporan : Aceng Mukaram | Kalimantan Barat

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024