Pengungsi Gamalama Diserang Penyakit ISPA

Letusan Gunung Gamalama
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Empat hari pascameletusnya Gunung Gamalama, ratusan warga Ternate, Maluku Utara mulai terserang sejumlah penyakit. Penyakit paling dominan menyerang para pengungsi tersebut adalah infeksi saluran pernapasan atas, atau ISPA.

"Memang sebagian pengungsi telah mengeluh penyakit ISPA, yang diduga akibat banyak menghirup abu vulkanik letusan Gunung Gamalama," kata Wakil Walikota Ternate Arifin Djafar, yang dihubungi VIVAnews.com, Kamis malam.

Arifin menambahkan, saat ini, sekitar 2.300 warga tertampung di tiga titik pengungsian. Yakni di eks Kantor Gubernur Maluku Utara, Mes Persiter Ternate, dan kantor Walikota Ternate. "Dari jumlah tersebut, lebih dari separuh mengeluh ISPA," tuturnya.

Sebagai tahap awal, kata Arifin, sebagian yang terkena ISPA langsung ditangani di lokasi pengungsian. Namun, jika ada pengungsi mengalami ISPA yang cukup parah, langsung dirujuk ke RSUD Ternate.

Ia menambahkan, pengungsi saat ini membutuhkan keperluan untuk menghidupi selama hidup di pengungsian seperti bahan makanan, family kit, obat-obatan, masker serta selimut. "Selimut sangat dibutuhkan untuk tidur di malam hari," ujar Arifin.

Terkait dengan aktivitas Gunung Gamalama, untuk hari ini mengalami penurunan. Namun, Arifin mengakui, jika masih terjadi gempa tremor yang skalanya kecil.

Sedangkan Bandara Babullah masih Tutup. Bahkan, rombongan Gubernur naik kapal laut pulang ke Ternate empat hari pasca meletusnya Gunung Gamalama. Akibatnya. (Laporan: RHA | Makassar)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024