Busyro: Berani Jujur Itu Hebat

Busyro Muqodas
Sumber :
  • ANTARA/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperingati Hari Anti-Korupsi Internasional yang jatuh pada tanggal 9 Desember. KPK bersama Kementerian, lembaga negara, LSM dan beberapa lembaga internasional melakukan kampanye antikorupsi yang bertema "Berani Jujur, Hebat".

Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan peringatan hari anti-korupsi kali mengambil tema "Berani jujur, Hebat" dengan menggunakan pendekatan seni dan budaya.

"Karena setelah diskusi dengan sejumlah pihak dan penegak hukum, proses penegakan hukum mengalami krisis, dan jauh dari harapan negara transparan serta demokratis," kata Busyro Muqoddas di halaman gedung KPK, Jakarta Selata, Jumat 9 Desember 2011.

Menurut Busyro, pendekatan seni dan budaya dipilih dengan desain strategis dan sistemik untuk berani jujur itu berarti hebat. Busyro menegaskan, peringatan ini juga sebagai momentum untuk merefleksi dan berkontemplasi tidak saja dari sudut pandang formal tapi juga seni dan budaya.

"Kami bangga sejumlah lembaga hadir," kata Busyro. Mereka yang datang antara lain berasal dari institusi Kepolisian, Kejaksaan, Badan Pemeriksan Keuangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Demokrasi serta Sekretariat Wakil Presiden.

Busyro menambahkan, pendekatan budaya ini dipilih karena budaya memiliki dua unsur. Pertama, hati nurani. Karena tidak bisa ditipu dan selalu berkata benar. Kedua, akal budi. "Hari ini membangkitkan potensi fitrah, nurani kita dan akal budi untuk berani jujur itu hebat," tambah Busyro.

Acara yang digelar di halaman KPK rencananya akan menampilkan parade ekspresi seni budaya dan kampanye musik antikorupsi. Acara yang berlangsung hingga pukul 21.00 WIB malam nanti akan dimeriahkan dengan pembacaan puisi oleh Taufik Ismail, pegelaran wayang Sudjiwo Tedjo dan Doel Sumbang. (umi)

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua
Dok

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024