Kejaksaan Tahan 2 Pejabat Ditjen Pajak

Ilustrasi pelaku kejahatan
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Kejaksaan Agung menangkap dua pejabat Direktorat Jenderal Pajak. Kedua pejabat itu dijadikan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan sistem informasi tahun 2006 yang diduga merugikan uang negara sebesar Rp12 miliar.

"Sudah dilakukan penahanan, tadi pukul 11.00 WIB. Kedua tersangka itu adalah Bahar sebagai Ketua Panitia Proses Pengadaan Sistem Informasi Manajamen dan tersangka kedua Pulung Sukarno yang menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen," ujar Kapuspenkum Kejagung, Noor Rachmat di kantornya, Jakarta, Jumat 9 Desember 2011.

Noor mengatakan penahanan itu dilakukan untuk proses penyidikan lebih lanjut. "Tersangka Bahar ditahan di rumah tahanan Salemba cabang Kejagung dan Pulung Sukarno ditahan di rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan," ujarnya.

Menurut dia, sebelum dilakukan penahanan, Kejaksaan telah melakukan pemeriksaan terhadap keduanya sejak pukul 09.00 WIB pagi tadi. Noor menyampaikan, keduanya akan ditahan 20 hari kedepan untuk kepentingan penyidikan.

Pada tanggal 4 November 2011 lalu, Kejagung telah menetapkan dua pejabat di Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) itu sebagai tersangka. Status itu ditetapkan setelah penyidik dari satuan Pidana Khusus (Pidsus) melakukan penggeledahan di empat tempat, yaitu di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Kantor Pengolahan Data dan Dokumen Pajak di Jakarta Barat, dan dua rumah Bahar di Jl Madrasah Gandaria, Jakarta Selatan dan Komplek Cinere, Depok, Jawa Barat.

Dua tersangka itu diduga melakukan penyimpangan dalam pengadaan peralatan Sistem Informasi Manajemen pada Ditjen Pajak tahun anggaran 2006. Dalam kasus itu, BPK menyebut, negara dirugikan 12 miliar dari nilai proyek total sebesar Rp43 miliar. (sj)

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM
Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Pakai Sepatu Lari Buat Olahraga di Gym, Hati-hati Bisa Bikin Cedera Ini

Ketika melakukan olahraga di pusat kebugaran, ada baiknya perhatikan penggunaan sepatu olahraga. Jangan sampai salah dan malah berujung pada cedera. Apa sebabnya?

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024