Saksi Ahli Jadi Kunci Kasus Jembatan Kutai

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Pol Saud Usman Nasution menyatakan sampai saat ini polisi masih terus melakukan penyelidikan tentang kasus robohnya jembatan Kutai Kartanegara. Menurutnya, saat ini mereka fokus pada pemeriksaan saksi ahli.

"Kita akan fokus pada pembuktiannya. Bagaimana saksi ahli (menerangkan), kuncinya adalah saksi ahli," kata Saud di Jakarta, Minggu, 11 Desember 2011.

Saud menuturkan, tanpa keterangan mereka penyidik tidak dapat berbuat banyak. Menurutnya, saksi ahli itulah yang dapat menjelaskan kenapa jembatan Kukar akhirnya runtuh dalam usia yang relatif pendek.

"Saksi ahli akan menentukan bagaimana proses awal pembangunan jembatan itu, apakah ada penyimpangan atau tidak. Kemudian proses selama dibangun sampai 2011 yang rubuh itu. Itu akan kita kaji semua. Kemudian pada saat dilaksanakan pemeliharaan, hari rubuhnya jembatan itu," jelas Saud.

Saud menyampaikan, tim independen dari Kementerian Pekerjaan Umum yang terdiri dari ahli jembatan dan konstruksi UI, IPB, Universitas Gajah Mada, ITS diberi waktu untuk menemukan jawaban mengapa jembatan itu dapat runtuh.

"Satu bulan ke depan sudah akan dilaksanakan pemeriksaan saksi ahli sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Sehingga tidak lama sudah bisa ditetapkan (tersangka) kasus tersebut," ucapnya.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024