Libur Akhir Tahun, Tiket Kereta Sudah Ludes

Antri tiket kereta api
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews-Menjelang puncak perayaan Natal dan Tahun Baru 2012, tiket kereta api untuk keberangkatan Jakarta-Jogja, begitu juga sebaliknya, pada 24 Desember-2 Januari 2012, sudah ludes terjual dan hanya tersisa sekitar 20 persen.

Kepala Humas PT KA Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto menuturkan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KA juga telah mengoperasikan dua kereta tambahan tujuan Surabaya dan Jakarta. Yaitu Sancaka jurusan Yogya-Surabaya dengan jam keberangkatan pukul 16.50 WIB dan Argo Dwipangga jurusan Yogya-Jakarta, yang berangkat pukul 21.30 WIB.

Sementara untuk kelas bisnis dan ekonomi, Daops VI tidak menyediakan KA ekstra. Pihaknya hanya menyediakan gerbong tambahan yang akan dipasangkan sesuai kemampuan lokomotif. "Kita juga akan menetapkan harga tertinggi tiket kelas Eksekutif sebesar Rp400 ribu mengantisipasi penumpukan penumpang di tanggal tertentu," kata Eko.

PT KA juga menerapkan sistem pembelian tiket dengan kartu identitas berupa KTP atau SIM yang akan dipakai mendata pemegang tiket. "Nantinya nama pemesan tiket harus sesuai dengan nomer KTP yang bersangkutan. Sistem baru yang disebut Rail Ticketing System (RTS) dan dirancang untuk menekan calo serta mengantisipasi bila tiket hilang," jelasnya.

Geliat libur panjang akhir tahun juga terlihat dari meningkatnya pesan hotel di kota Yogyakarta. Bahkan, hampir sekitar 90 persen hotel di kawasan Malioboro sudah terpesan.

“Tingkat hunian hotel mulai mengalami kenaikan ketika mendekati libur natal dan tahun baru,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Istijab M Danunagoro.

Istijab memprediksi kenaikan tingkat hunian hotel di Jogja pada libur panjang akhir tahun ini, akan menyentuh angka di atas 50 persen. Jika dibanding tahun 2010, libur Natal dan tahun baru kali ini diperkirakan lebih banyak menyedot wisatawan. Sebab, tahun 2010 terjadi erupsi Merapi dan membuat wisatawan banyak membatalkan kunjungan.

Menurutnya, tamu atau wisatawan tahun ini masih didominasi dari kota-kota besar. Seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Untuk menampung wisatawan yang akan merayakan libur natal dan tahun baru. Di Yogyakarta saat ini terdapat 425 hotel kelas melati dengan kapasitas 7.300 kamar, dan 41 hotel berbintang dengan kapasitas 4.115 kamar. (Laporan Erik Tanjung, Juna Sanbawa, Yogyakarta).

Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024