5 Gunung Api di Indonesia Berstatus Siaga

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mencatat, 5 dari 127 gunung api aktif di Indonesia saat ini berstatus siaga (level III), sedangkan 18 gunung api lainnya berstatus waspada.

Kelima gunung yang berstatus siaga adalah Gunung Gamalama, Papandayan, Karangetang, Lokon, dan Krakatau. Sementara 18 gunung yang berstatus waspada, yakni Gunung Sundoro, Anak Ranakah, Tambora, Lewotobi Laki-laki, Soputan, Ibu, Lewotobi Perempuan, Marapi, Bromo, Dieng, Gamkonora, Sinabung, Talang, Kerinci, Semeru, Sangeangapi, Dukono, dan Sorik Marapi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan, terhitung tanggal 12 Desember 2011, pukul 16.00 WIB, Gunung Sorik Marapi, Sumatera Barat, dinaikkan statusnya dari normal (level I) ke waspada (level II).

Dalam status waspada, pihaknya meminta masyarakat disekitar Sorik Marapi untuk tetap tenang, dan mengikuti arahan BPBD setempat.

"Masyarat tidak boleh mendekati dalam radius 1.5 KM dari kawah aktif. Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di kawasan rawan bencana II agar tetap waspada," kata Kepala Humas BNPB, Sutopo, dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews.com, Selasa malam, 13 Desember 2011.

Sedangkan perkembangan terakhir Gunung Gamalama, PVMBG mencatat telah terjadi rangkaian letusan pada 12 Desember 2011, tepatnya pukul 17.52, 18.04, 18.05 dan 18.06 WIT.

"Asap letusan berwarna kelabu, dengan ketinggian masing-masing 500, 1000, 1000 dan 1500 M dari puncak," ujar Sutopo mengakhiri perbincangan.

Arus Balik Lebaran, Sopir Bus di Terminal Gayatri Tulungagung Kedapatan Positif Narkoba
Serangan udara militer Israel ke Jalur Gaza, Palestina

Konflik Makin Panas, India Larang Warganya Kunjungi Israel dan Iran

Konflik Makin Panas, India Larang Warganya Kunjungi Israel dan Iran

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024