Istana: Buktikan Fakta Pembantaian Mesuji

Martius Totok, warga Mesuji, Lampung mengadu ke DPR
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mendengar adanya pengaduan warga terkait peristiwa kekerasan oleh aparat di wilayah Mesuji.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Menurut dia, SBY telah memerintahkan Menkopolhukam dan Kapolri membentuk tim.

"Yang inti tujuannya melakukan suatu pembuktian fakta dan kebenarannya seperti apa," kata Julian di Jakarta, Kamis 15 Desember 2011.

Menurut Julian, permintaan itu langsung ditindaklanjuti Menkopolhukam dan Kapolri dengan membentuk tim untuk mengusut kasus tersebut. Selain itu, tim itu juga ada yang berasal dari Komnas HAM. "Nanti akan dilaporkan dari unsur kepolisian, juga pihak-pihak lain yang bekerja untuk menyampaikan kepada presiden apa yang terjadi," katanya.

"Bila benar ada fakta seperti yang kita dengar, maka oknum dari unsur mana pun apakah aparat atau  pun unsur pengamanan atau masyarakat itu harus ditindak."

Namun, Julian tidak bisa menjelaskan seperti apa tim yang dibentuk atas permintaan presiden itu. "Itu dibentuk kepolisian. Kapolri bisa jelaskan siapa saja yang duduk di sana dan itu jelas untuk mencari solusi konstruktif masalah itu," ujarnya.

Menurut Julian, pembentukan tim investigasi ini menunjukkan pemerintah peduli dengan kasus-kasus spelanggaran HAM. "Kalau ada oknum yang melakukan tindakan tidak patut harus diproses," ujar dia.

Saat rapat dengan Komisi III, Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menjelaskan, peristiwa kerusuhan yang dilaporkan itu terjadi di dua tempat. Pertama, di Kecamatan Mesuji, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Peristiwa kedua, terjadi di Kabupaten Mesuji, Lampung.

Peristiwa di Mesuji Lampung terjadi pada 11 November 2011. Sedangkan di Mesuji-Sumsel terjadi pada 21 April 2011. Tujuh orang tewas dalam kekerasan yang terjadi di Mesuji-Sumsel. Enam tersangka telah diproses secara hukum. Lima orang yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan itu berasal dari perusahaan asal Malaysia, sedangkan satu pelaku lainnya merupakan warga setempat. (umi)

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024