PDIP Kritik Moratorium Remisi Bagi Koruptor

Trimedya Panjaitan
Sumber :

VIVAnews - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Trimedya Panjaitan, menilai bahwa surat keputusan Menteri Hukum dan HAM mengenai moratorium remisi untuk koruptor justru tidak akan mendorong para terpidana berbuat baik di penjara.

"Kalau di penjara nggak ada reward/punishment, ngapain orang berbuat baik di penjara? Berbuat baik kan harapannya agar dapat remisi," kata Trimedya di Bumbu Desa Cikini, Minggu 18 Desember 2011.

Selain itu, remisi menurut Trimedya, selama ini hanya dijadikan komoditi di kalangan tingkat yang paling bawah hingga atas. "Misalnya dihukum 10 tahun atau delapan tahun tapi dapat remisi dua atau tiga tahun. Itu dijadikan komoditi dari tingkat bawah sampai atas. Dirjen juga dijadikan komoditi, itu juga tidak benar," ujarnya.

Selain mendorong terpidana tidak bertobat, pengetatan remisi itu juga melanggar undang-undang dan hak asasi manusia. "Kalau kita melihat itu melanggar sistem hukum, yaitu undang-undang permasyarakatan maupun PP 28 serta melanggar HAM dan azas keadilan," kata Trimedya.

Trimedya menambahkan, dengan mempertimbangkan hal itu, maka Komisi Hukum tetap akan menggunakan hak interpelasinya. "Kami sepakat tetap mendukung interpelasi," tuturnya.

Dia mengakui, jika Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin akan melakukan peninjauan kembali terhadap surat keputusannya itu, menunjukan bahwa Amir mengakui kesalahannya. "Tapi kita juga maklum, mereka gagal wibawa mereka. Jadi, ini ketidakmampuan Menkumham, ini jangan ambil jalan pintas" kata Trimedya.

Dengan mengajukan hak interpelasi ini, kata Trimedya, bukan berarti membela koruptor. "Emang ada kader PDIP (dipenjara) tapi bukan untuk kepentingan itu. Peraturan itu, apalagi yang mengikat keluar harus dikaji donk. Kalau mau fair dilakukan itu tidak berlaku surut, ke depan baru diberlakukan," ujar Trimedya. (ren)

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024