SAR Cari Imigran Karam Hingga Banyuwangi

Kapal Imigran Gelap Tenggelam di Trenngelek
Sumber :
  • Reuters/Sigit Pamungkas

VIVAnews - Tim SAR memperluas area pencarian para imigran korban kapal tenggelam di Perairan Prigi, Trenggalek, Jawa Timur. Pencarian akan diperluas ke arah sebelah timur.

"Rencana nanti, kalau memang memungkinkan, cuaca baik, akan kita perluas hingga ke Banyuwangi," kata Kepala Basarnas Jawa Timur, Sutrisno kepada VIVAnews.com, Selasa 20 Desember 2011.

Upaya perluasan wilayah pencarian ini bukan tanpa alasan. Kemarin, Basarnas menemukan 13 imigran yang menjadi korban tenggelamnya kapal ini hingga Pulau Nusa Barong, Jember. Saat ini, kondisi ke-13 itu telah membaik (sebelumnya dikabarkan meninggal). "Sekarang mereka mendapatkan pertolongan kesehatan di Jember," ujar Sutrisno.

Untuk mencari korban ke arah timur ini, tim SAR akan menggunakan KRI Untung Suropati. Sementara itu, kapal dari Basarnas akan memulai pencarian dari lokasi pecahnya kapal di Perairan Prigi, hingga ke arah barat, perbatasan antara Trenggalek dan Pacitan. "Dua heli juga disiapkan untuk melakukan pencarian."

Hingga saat ini, sebanyak 49 korban telah ditemukan dalam kondisi selamat. Kapal nahas yang memuat sekitar 200 imigran asal Timur Tengah tenggelam di Perairan Prigi, Sabtu 17 Desember 2011. Para pencari suaka itu rencananya akan berlayar ke Australia. (umi)

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024