Terjebak Es Antartika, 16 Pelaut RI Sehat

Gunung es di Antartika mencair
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews -- Kementerian Luar Negeri mengungkap kondisi terakhir 16 pelaut Indonesia yang saat ini masih terjebak di Antartika, setelah kapal berbendera yang mereka tumpangi, Sparta, tak bisa melaju karena es merobek lambungnya, Jumat 16 Desember 2011 lalu.

"Enam belas anak buah kapal (ABK) dalam keadaan sehat, kondisi mereka baik-baik saja, logistik dalam kapal tidak masalah untuk beberapa hari ke depan," kata juru bicara Kemenlu, Michael Tene, Selasa 20 Desember 2011.

Tene menambahkan, saat ini kapal pembawa bantuan, berupa pompa air dan bahan makanan sedang menuju ke lokasi. "Butuh tiga hari menuju ke sana," tambah dia.

Sementara, seperti dilaporkan situs berita Selandia Baru, NZ Newswire, pesawat Hercules dari satuan Royal New Zealand Air Force akan menurunkan bantuan pompa, bahan bakar, dan bahan penambal ke Kapal Sparta yang lambungnya robek dan terdampar di tengah bongkahan es.

Hercules akan bertolak dari Christchurch pada Rabu pagi -- menempuh perjalanan tujuh jam ke Laut Ross, sekitar 3700 km tenggara Selandia Baru, di mana kapal 48 meter, dengan 32 awak di atas kapal terdampar.

Saat ini, para kru telah melempar jangkar ke bongkahan es terdekat, untuk menstabilkan kapal. Sementara, dua pompa terus mengosongkan air dari lambung kapal yang robek sepanjang 30 cm, di kedalaman 1,5 meter di bawah permukaan air.

"Para kru saat ini berada di posisi aman di atas kapal, namun kapal masih tetap dalam posisi berbahaya, dan tidak mampu bergerak sampai lubang benar-benar ditutup," kata koordinator tim penyelamat Selandia Baru, Kevin Banaghan.

Akhir pekan lalu, sebuah Hercules telah menurunkan pompa ke kapal. Sementara dua kapal lain yang berada relatif dekat dengan Sparta tak bisa mendekat. Terhalang es.

Kapal pemecah es milik Selatan Korea pemecah es, Araon juga telah diberangkatkan dari Selandia Baru, minggu lalu. Saat ini posisinya berada sekitar 1.600 mil laut, masih butuh enam hari lagi menuju kapal nahas.

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Gelar Rakornas Pilkada, PAN Harap Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024