Pagi Ini KNKT Investigasi Sriwijaya Air

Pesawat Sriwijaya air.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan investigasi atas insiden tergelincirnya pesawat Sriwijaya Air di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, pagi ini.

Penyelidikan itu dilakukan untuk mengetahui penyebab tergelincirnya pesawat yang terjadi pada Selasa 20 Desember 2011, kemarin.

"Kami masih menunggu Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan investigasi, mudah-mudahan akan datang dari Jakarta jam 07.00 wib pagi," kata Agus Tugi Arto, Manajer Operasi PT Angkasa Pura I Bandara Adisucipto Yogyakarta.

Ia mengatakan, pagi ini jika kondisi memungkinkan, pesawat Sriwijaya Air yang tergelincir akan langsung dievakuasi. "Mudah-mudahan pagi bisa. Kami masih menunggu tim KNKT," kata Agus.

Agus mengatakan, pihaknya belum mengetahui penyebab tergelincirnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-230 PKCKN tujuan Jakarta-Yogyakarta.

Ia menuturkan, kejadian bermula setelah pesawat Sriwijaya Air berangkat dari Jakarta pukul 13.45 WIB. Sekitar 50 menit kemudian seharusnya sudah mendarat di Adisutjipto, Yogyakarta. Namun, karena saat itu bandara ditutup akibat cuaca buruk dan jarak pandang hanya 500 meter, maka pendaratan dialihkan ke Surabaya.

Salmafina Sunan Ikut Rayakan Idul Fitri, Langsung Didoakan Kembali Peluk Islam

Di Surabaya, pesawat tersebut mengisi bahan bakar, dan kemudian berangkat lagi menuju Yogyakarta.

Agus mengatakan, pesawat Sriwijaya Air tersebut sebenarnya direkomendasikan mendarat di Bandara Adisutjipto pada pukul 17.05 WIB. Karena saat itu ada pesawat Garuda yang mendarat, maka pada pukul 17.13 WIB Sriwijaya Air bisa mendarat.

"Namun, saat melakukan pendaratan, pesawat Sriwijaya tidak terkendali karena tidak bisa direm. Sehingga terus melaju hingga sisi timur landasan, dan kemudian tergelincir di sisi kiri landasan, serta terperosok di area rumput, baru pesawat bisa direm," tuturnya.

Laporan: Erick Tanjung | DIY

Gambar ilusi optik.

Gambar Pertama yang Dilihat, Bisa Ungkap Pekerjaan Impian Kamu

Dalam gambar yang menakjubkan ini, kamu akan melihat tengkorak, siput dan peta. Namun, setiap gambar yang kamu lihat akan memiliki arti berbeda terkait pekerjaan impian.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024