MWA Berhentikan Gumilar Sebagai Rektor UI

Rektor UI, Prof. Dr. der Soz. Gumilar R. Somantri
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Alumnus yang juga pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Ade Armando mengungkapkan Majelis Wali Amanat telah memutuskan Gumilar Rusliwa Somantri tidak lagi menjabat sebagai Rektor UI.

Menurut Ade, keputusan MWA sebagai lembaga yang memilih, memberhentikan dan mengawasi rektor, berlaku sejak hari ini. "Surat MWA UI ditujukan kepada Gumilar tertanggal 20 Desember 2011," kata Ade, Rabu 21 Desember 2011.

Dia menjelaskan dalam surat itu, Ketua MWA UI dr Purnomo Prawiro juga meminta agar Gumilar segera menyerahkan pertanggungjawaban sebagai rektor, berkaitan dengan bidang akademik, keuangan dan sumber daya manusia.

Surat ini merupakan jawaban MWA atas surat Gumilar tertanggal 15 Desember lalu. Dalam surat itu, Gumilar menyatakan bahwa ia telah menjadi pejabat publik, yakni sebagai Kepala Satuan Kerja di bawah Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI, sesuai dengan PP Nomor 66 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Kado Mewah SYL untuk Undangan Nikahan yang Pakai Dana Kementan, Ada Bros dan Cincin Emas

Gumilar juga menegaskan bahwa UI tidak lagi menjadi lembaga yang diatur oleh hukum perdata.

"Dengan pernyataan seperti itu, menurut MWA, Gumilar pada dasarnya  mengakhiri hubungan perdata dengan MWA UI. Ini berarti, surat pengangkatan Gumilar sebagai rektor UI telah diakhiri secara sepihak. Dengan demikian, Gumilar berhenti menjadi Rektor UI pada 20 Desember UI," jelas Ade.

MWA UI akan menyiapkan pelaksana harian rektor berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melanjutkan kepemimpinan UI. "Sangat mungkin pimpinan UI untuk sementara akan diisi oleh Wakil Rektor UI yang didampingi oleh sejumlah mantan rektor."

Kisruh di tubuh lembaga pendidik ini bermula sejak pemberian gelar Doctor Honoris Causa bidang kemanusiaan dan Ilmu Pengetahuan Teknologi kepada Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz. Pemberian gelar oleh Gumilar ini menuai reaksi keras mengingat banyaknya kasus tenaga kerja Indonesia yang disiksa di negara tersebut. Gumilar sudah memberikan jawabannya atas kisruh ini. (Baca wawancara Rektor UI di sini)

Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji, Menag Bertolak ke Arab Saudi

Dalam beberapa bulan terakhir, MWA UI memang berulangkali meminta Gumilar mempertanggungjawabkan berbagai kebijakan yang dianggap menyalahi tata kelola universitas yang benar.

Gumilar sendiri berulangkali menyatakan bahwa ia menganggap MWA tidak lagi memiliki kewenangan dalam pengelolaan UI. (umi)

Mantan CEO PrettyLittleThing Umar Kamani Pecahkan Rekor Penjualan Tanah Terbesar di Dubai
Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23

Cek Fakta: Timnas Uzbekistan Diblacklist AFC dan FIFA karena Pakai Doping

Beredar di media sosial video bernarasi, Timnas Uzbekistan tertangkap kamera menghirup doping hingga berujung masuk daftar hitam atau blacklist dari semua turnamen FIFA.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024