Lima Murid SD Surabaya Raih Juara Dunia Robot

Robot karya pelajar SD Muhammadiyah 4 Surabaya
Sumber :
  • Tudji Martudji| Surabaya

VIVAnews - Untuk kesekian kali pelajar SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Jawa Timur mengukir prestasi. Kali ini, tiga gelar juara diraih bersamaan oleh lima pelajar sekolah dasar di ajang Internasional Robot Olympiade (IRO) 2011 di Jakarta.

Robot berwujud mobil dengan berbagai keunggulan karya mereka mampu menyisihkan ratusan peserta dari 18 negara yang mengikuti kontes yang digelar 15 - 18 Desember di Jakarta kemarin.

Kelima pelajar berotak cemerlang itu adalah, Dimas Islami kelas 3, Nabil Hadjoe kelas 6, Axel Dawne kelas 6, Laksamana Agadia kelas 6, dan Dhimas kelas 2, dengan masing-masing kualifikasi rintangan, transporter dan line trace.

"Ini prestasi yang membanggakan, karena ajang olimpiade robot itu dilaksanakan tingkat internasional, diikuti 18 negara," kata guru bidang studi elektronika, Endik Setyawan, Rabu 21 Desember 2011.

Ia menjelaskan, tidak hanya persiapan khusus untuk tampil di ajang dunia itu. Endik menyebut persiapan dan pemahaman materi diberikan satu bulan menjelang pelaksanaan turnamen. "Persiapannya sangat pendek. Tetapi, dalam seminggu mereka kami berikan latihan selama 3 hari. Dan, dua minggu kemudian kami lakukan setiap hari dengan melibatkan kelompok studi Pen's dari ITS Surabaya," lanjutnya.

Berhasil memenangi pertandingan robot bergengsi, kelima siswa mengaku senang dan bangga. "Kami senang dan bangga, karena olimpiade diikuti pelajar tingkat dunia," kata Axel mewakili teman-temannya.

Ditanya tentang cita-citanya, sebagian dari pelajar kecil itu dengan lugas mengatakan dirinya akan menjadi ahli robot, kelak. "Saya ingin menjadi ahli pembuat robot dengan berbagai bentuk. Tujuannya, bisa membantu meringankan pekerjaan manusia," tegas Nabil.

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra Rayakan Lebaran Bersama
Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai menjalani sidang dakwaan

Eks Ajudan SYL Akui 2 Kali Beri Hadiah Jam Tangan Mahal ke Ketua Komisi IV DPR RI

Mantan ajudan Syahrul Yasin Limpo (SYL), Panji Hartanto mengatakan bahwa pernah memberikan dua kali hadiah kepada Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024