Gubernur Bali Gugat Bali Post

PN Diminta Pertimbangkan Saran Dewan Pers

Bagir Manan
Sumber :
  • suaramanado.com

VIVAnews - Ketua Dewan Pers Bagir Manan meminta Bali Post memberikan hak jawab kepada  Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika. Permintaan itu terkait dengan berita media itu pada 19 September 2011 berjudul, 'Pasca Bentrok Kemoning-Budaga Gubernur: Bubarkan Saja Desa Pakraman.'

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Atas berita itu, Made Mangku Pastika sudah mengugat Bali Post ke pengadilan. Ia merasa tidak pernah menyampaikan hal seperti itu.

Gubernur Bali kemudian mengeluh kepada Dewan Pers. Dan dewan itu kemudian melakukan mediasi. Hasilnya,"Dewan Pers meminta agar Bali Post menyediakan ruang yang cukup bagi Gubernur untuk memberikan hak jawabnya," kata Bagir Manan kepada wartawan di Lombok Barat, Rabu 21 Desember 2011.

Pihak Bali Post, menurut Bagir, sudah menindaklanjuti masukan Dewan Pers, namun hingga hari ini pihak Gubernur Bali melalui kuasa hukumnya belum menggunakan hak jawab itu. Gubernur malah Bali sudah melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri ke Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Bagir menambahkan Dewan Pers sudah melayangkan surat kepada PN Denpasar agar pengadilan mempertimbangkan pendapat Dewan Pers terkait masalah itu. Apa yang dilakukan Dewan Pers ini tak lain untuk menjaga dan melindungi kemerdekaan pers.

"Sesuai dengan inisiatif pak Gubernur Bali yang menyampaikan keluhan pada Dewan Pers, maka dilakukan mediasi. PN Denpasar dapat mempertimbangkan dengan baik pendapat Dewan Pers tanpa bermaksud mencampuri urusan hukum yang berjalan," katanya.

Sebelumnya, Dewan Pers juga sudah menawarkan untuk datang langsung ke Bali agar permasalahan antara Gubernur Bali dengan Bali Post itu tidak menuai keresahan bagi masyarakat luas. Lagipula permasalahan di Desa Pakraman itu sangat dekat dengan adat istiadat dan agama sehingga dapat menimbulkan kegundahan bagi masyarakat.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024