Bantai Orangutan, 5 Karyawan Sawit Ditahan

Kampanye Perlindungan Untuk Orang Utan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Polres Kutai Timur mengamankan lima orang yang diduga terlibat dalam pembantaian Orangutan di dua wilayah berbeda. Masing-masing di Muara Wahau dan di Muara Ancalong.

Di dua wilayah tersebut, Orangutan mati karena permasalahan yang sama, dianggap hama oleh perusahaan kelapa sawit sehingga diambil "tindakan".

Kasat Reskrim Polres Kutai Timur, AKP Sugeng Subagyo menuturkan, lima orang itu merupakan karyawan di dua perusahaan yang berbeda. Di Muara Wahau, pembantaian orangutan terjadi di PT. SRS. Sedangkan di Muara Ancalong, pembunuhan orangutan dilakukan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. CPS. "Kelimanya kini diamankan dan diminta keterangan oleh penyidik," kata perwira balok tiga itu, Rabu 21 Desember 2011.

Dari urutan waktu kejadian, pembantaian pertama dilakukan oleh PT. SRS Muara Wahau. Polisi menyebutkan, pembantaian itu dilakukan medio Juli lalu di areal perkebunan kelapa sawit di Desa Jukayak, Kecamatan Telen, Kutai Timur. Seekor induk Orangutan diketahui mati dibunuh. "Tempat kejadian di barak perumahan Asisten Divisi I PT. SRS," sebut Sugeng.

Dua orang diamankan karena diduga kuat terlibat dalam pembantaian tersebut. Masing-masing bernama Tadeus dan Leswin Irawan. Mereka ditahan sejak 2 Desember silam. Keduanya merupakan karyawan PT. SRS.

Di Muara Ancalong, polisi menahan 3 orang yang terlibat dalam pembantantaian primata dilindungi itu. Peristiwa dugaan pembantaian orangutan di Muara Ancalong terjadi pada 26 Mei lalu. Tiga orang yang ditahan itu masing-masing bernama Tajar (60), karyawan PT PCS, Tulil (56) mandor PT. PCS dan Rahman alias Pak Man (57) karyawan PT. PCS. "Tiga tersangka di Muara Ancalong ditahan sejak 16 Desember silam," ujar Sugeng. "Dua tersangka yang berasal dari Muara Wahau baru saja datang di Polres. Mereka juga akan segera kita ekspos."

Laporan: Ikram| Kutai Kartanegara

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem
Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024