38 Jasad Imigran Korban Kapal Nahas Ditemukan

Kapal Imigran Gelap Tenggelam di Trenngelek
Sumber :
  • Reuters/Sigit Pamungkas

VIVAnews - Kisah duka belum berakhir dari tragedi pecahnya kapal yang mengangkut imigran di Perairan Prigi, Trenggalek, Jawa Timur. Makin banyak korban yang ditemukan tak bernyawa.

Data terakhir menyebutkan, hingga pukul 17.20 WIB, Rabu 21 Desember 2011, ditemukan 38 korban meninggal di perairan Banyuwangi. "KRI Owa menemukan 21 orang meninggal. Sebelas pria, enam perempuan, dan dua anak-anak," kata Kepala Pusat Humas dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis diterima VIVAnews.com.

Semenatra itu, KRI Untung Suropati menemukan enam korban meninggal. Empat pria dan dua perempuan. "Masyarakat juga menemukan 11 korban, belum teridentifikasi," ujarnya.

Sebelumnya, tim SAR juga menemukan 13 imigran korban tenggelamnya kapal itu di Perairan Jember. Mereka beruntung sebab ditemukan dalam keadaan hidup. Selain itu, 33 korban ditemukan dalam kondisi hidup di Perairan Prigi, Trenggalek.

Helikopter, kapal laut, dan sejumlah kapal nelayan telah dikerahkan untuk menyisir area. Salah satu imigran kepada Daily Telegraph mengatakan, saat kejadian, para kru kapal mengambil jaket penyelamat dan terjun ke laut --tak peduli pada para penumpang yang panik dan terancam tenggelam.

"Semua kru berasal dari Indonesia. Saat itu, mereka tertutup ombak besar, tak lagi terlihat. Saya tak tahu bagaimana nasib mereka," kata dia.

Sejumlah imigran mengaku harus membayar ribuan dolar untuk perjalanan ke Pulau Christmas, teritori Australia yang dekat dengan Indonesia. Di sana, Australia memiliki pusat administrasi bagi para pencari suaka.

Musibah yang menimpa kapal imigran di Trenggalek adalah yang kedua dalam dua bulan terakhir. Selasa 1 November 2011, sebuah kapal kayu yang mengangkut imigran tenggelam di perairan Ciamis, Jawa Barat. Setidaknya tujuh orang meninggal dalam kejadian itu. (art)

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024
Ilustrasi konser musik.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Komika Amerika Serikat (AS) Arj Barker memancing kontroversi setelah aksinya mengusir seorang ibu yang sedang menyusui bayinya di tengah pertunjukan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024