Lagi, 6 Jasad Imigran Ditemukan di Bali

Ilustrasi tahanan polisi di mobil.
Sumber :
  • Reuters/Sigit Pamungkas

VIVAnews - Tim SAR gabungan kembali menemukan enam korban yang diduga korban kapal tenggelam di Trenggalek, Jawa Timur yang ditumpangi ratusan imigran gelap yang hendak menuju Australia. Hingga kini jumlah korban imigran yang ditemukan di perairan Bali sebanyak 12 orang.

Enam mayat itu juga ditemukan tidak di satu tempat, melainkan tersebar seperti di Klungkung, Manggis, Padang Bai dan Nusa Penida. Hingga saat ini Tim SAR masih melakukan evakuasi terhadap enam korban yang baru ditemukan tersebut.

"Sampai pukul 15.00 WITA, masih dievakuasi, sebab ada korban yang ditemukan mengapung di tengah laut. Tapi ada pula yang di pinggir pantai," kata Kepala SAR Kota Denpasar, Ketut Parwa, Kamis 22 Desember 2011.

Dalam pencarian ini, selain mengerahkan personel SAR, rubber boat, speed boat baik milik SAR maupun Pol Air dan TNI AL, juga dikerahkan helikopter  hingga 5 mil ke Timur.

Selain itu, pihak Administratur Pelabuhan Benoa Denpasar telah mengeluarkan maklumat pelayaran yang isinya ditujukan kepada para nahkoda kapal jika melihat ada korban di laut agar segera menginformasikan kepada petugas SAR atau otoritas pelabuhan terdekat.

Sebelumnya Tim Gabungan SAR juga telah menemukan enam korban yang ditemukan terpisah di sejumlah lokasi di perairan Bali. Kondisi mereka saat dievakuasi oleh gabungan Tim SAR sudah membusuk dan sulit dikenali.

"Dari keenam korban itu, dua wanita dan empat pria. Dari ciri-ciri fisiknya diduga mereka korban kapal tenggelam di Trenggalek," ujar Direktur Pol Air Polda Bali Kombes Pol Agus Doetta Supranggono, Kamis 22 Desember 2011.

Penemuan mayat itu, menurut Agus atas laporan masyarakat dan nelayan di sekitar Pantai Canggu. Mereka melaporkan ada dua mayat terdampat. Tim SAR langsung menerjunkan tim untuk evakuasi.

Lantaran mengetahui jika ada informasi kapal yang mengangkut ratusan imigran gelap ke Australia terbalik di Trenggalek, Jawa Timur, Tim SAR meneruskan pencairan. Apalagi, beberapa korban ditemukan di perairan Banyuwangi, Jawa Timur.

Akhirnya, para korban lainnya berhasil ditemukan tim SAR masing-masing di pinggiran pantai. Satu korban ditemukan di pantai Nusa Lembongan, satu orang di Pantai Batu Bolong dan dua korban lainnya di Pulau Serangan.

Sebenarnya, tim SAR juga menemukan satu orang lagi di sekitar perairan dekat Bali Cliff, Ungasan. Hanya saja, korban dimaksud ciri-ciri fisiknya bukan seperti korban imigran lainnya, sehingga diduga korban tenggelam warga Indonesia.

Hingga kini enam jenasah imigran dan satu korban tenggelam warga Indonesia itu masih dititipkan di ruang pemulasaran jenasah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar.

"Kami hanya lakukan pemeriksaan luar saja. Untuk identifikasi akan dikoordinasikan dengan pihak DVI Jawa Timur," kata Kepala Instalasi Kedokteran Forensik RS Sanglah, dr Dudut Rustyadi secara terpisah.  (eh)

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024