Eksekutor Kasus Antasari Dapat Remisi Natal

Remisi Bebas
Sumber :
  • Antara/Yudi Mahatma

VIVAnews - Daniel Dean Sabon, terpidana kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain, Direktur PT. Putra Rajawali Banjaran, mendapatkan remisi satu bulan pada natal 2011. Daniel dipidana 18 tahun penjara karena menjadi eksekutor penembakan.

"Puji tuhan, Natal tahun ini mendapat remisi 1 bulan," kata Daniel Daen Sabon kepada VIVAnews.com di Lapas Dewasa Kelas 1 Tangerang, Sabtu 24 Desember 2011.

Dia mengaku bahagia mendapatkan remisi di hari yang sakral. Daniel mengatakan selama satu tahun berada di lapas lebih dekat dengan Tuhan. Hari-harinya lebih banyak dihabiskan di Gereja. "Saya jadi pengurus harian di Gereja lapas," kata dia.

Daniel mendekam di lapas Dewasa Tangerang sudah satu tahun, dan tahun ini merupakan Natal pertama yang dia jalani di penjara.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Saat ditanya tentang Antasari Azhar, yang juga mendekam di lapas Dewasa Tangerang, Daniel tidak berkomentar banyak. Termasuk saat ditanya mengenai perkembangan kasus Antasari saat ini.

"Saya tidak kenal dia (Antasari)," ujarnya. Namun dia mengakui selama di lapas dirinya pernah bertemu Antasari dan hanya berbincang biasa, seperti napi pada umumnya.

Daniel adalah satu dari 148 narapidana di Banten yang mendapatkan remisi natal 2011.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Banten Imam Santoso, mengatakan mereka yang mendapat remisi berasal dari sepuluh lapas di Banten.

Dari 148 napi yang mendapatkan remisi, empat di antaranya remisi bebas. Menurut Iman, para napi yang mendapatkan remisi umumnya dari kasus pidana umum dan narkoba.

Di antaranya yang dapat remisi, di Lapas Dewasa Tangerang sebanyak 27 napi, Lapas Pemuda Tangerang 22, Lapas Wanita Dewasa Tangerang sebanyak 6, Lapas Anak Pria sebanyak 5 dan Lapas Anak Wanita sebanyak 1. Sisanya napi diluar lapas yang ada di Tangerang.

Lebih lanjut dikatakannya, pemberian remisi sudah sesuai dengan UU nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan dengan pertimbangan berkelakuan baik selama menjadi tahanan.

Laporan : Muhammad Iyus | Tangerang

Ilustrasi laboratorium.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Pameran teknologi dan peralatan laboratorium terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya di Indonesia, Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024