Malam Natal, Gegana Siaga di Mana-mana

Pengamanan Natal
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Satuan penjinak bom dari kesatuan Gegana, Polri, bersiaga malam ini. Polisi menyiagakan kesatuan ini di sejumlah daerah yang mengadakan perayaan malam Natal.

Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan lima tim penjinak bom (Jibom) dari kesatuan Gegana. "Kami sudah siagakan lima tim Jibom setiap Polres Kota dan Polres Kabupaten se-DIY," kata Ajun Komisaris Besar Anny Puji Astuti, Kabid Humas Polda DIY, saat dihubungi VIVAnews.com, Sabtu 24 Desember 2011.

Ia menjelaskan, Polda DIY akan melakukan pengamanan terhadap 337 gereja besar maupun kecil di wilayah Yogyakarta. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengamanan di 48 objek wisata dan 37 pusat perbelanjaan.

"Ada 1.250 personel kepolisian dari total 2.378 personel keamanan yang bekerjasama dengan TNI, Satpol PP dan Pam swakarsa," ujarnya.

Ancaman di Sukabumi

Di Sukabumi, Jawa Barat, Markas Besar Kepolisian juga mengirim satu tim Gegana. “Kami sudah menerima berbagai laporan mengenai ancaman dan berbagai potensi gangguan keamanan yang akan mengganggu perayaan malam Natal dan tahun baru,” kata Kapolresta Sukabumi Ajun Komisaris Besar Witnu Urip Laksana di sela-sela sterilisasi gereja kota Sukabumi bersama tim Gegana pada VIVAnews.com.

Ia menambahkan, kepolisian akan terus melakukan pemantauan dan merespons semua laporan yang masuk selama 24 jam. “Salah satu langkah kita meminta bantuan 1 team penjinak bom (Jibon) Gegana, Mabes Polri, Kelapa dua. Tim ini telah datang sejak semalam dan membantu sterilisasi gereja sejak pagi tadi,” katanya.

Tim ini akan berada di Polresta Sukabumi hingga 10 hari kedepan dan siap bergerak kapanpun bila ada laporan ancaman yang masuk.
Team Jibom, Gegana, Mabes Polri ini sejak pagi hingga sore telah melakukan strelisasi di Gereja St Joseph dan Gereja Pasundan di kota Sukabumi. Team Jibom melakukan sterilisasai semua bagian di areal gereja. Dari areal parkir hingga mimbar perayaan misa.
Dari hasil penyisiran tidak ditemukan berbagi benda yang dianggap mencurigakan.

Sementara di Jakarta, untuk pengamanan perayaan Natal tahun ini, Polda Metro Jaya menerjunkan 4.900 personelnya termasuk tim Gegana. Menurut Kapolda Metro Jaya Untung S. Radjab, akan ada bantuan dari sejumlah ormas masyarakat untuk tambahan pengamanan. Laporan Erick Tanjung (Yogyakarta) | Eka Permadhi (Sukabumi) (adi)

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024